Sabtu, 4 Mei 2024
Merawat Bumi Majapahit

Empat Strategi Disperindag Jawa Timur Stabilkan Harga Beras untuk Tekan Inflasi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Iwan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur saat Talkshow "Merawat Bumi Majapahit" di Radio Suara Surabaya, Rabu (8/11/2023). Foto: Dukut suarasurabaya.net Iwan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur saat Talkshow "Merawat Bumi Majapahit" di Radio Suara Surabaya, Rabu (8/11/2023). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupaya menekan inflasi dengan menstabilkan harga beras, penyumbang utama inflasi di Indonesia.

Iwan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur mengatakan, ada empat strategi yang dilakukan Pemprov Jatim untuk menjaga stabilitas harga beras.

Pertama, menjaga stok di Jawa Timur. Iwan memastikan stok beras untuk Jawa Timur aman sampai akhir tahun 2023. “Stok beras Jawa Timur surplus. Bahkan bisa menyuplai kebutuhan Indonesia timur,” kata Iwan dalam Talkshow “Merawat Bumi Majapahit” di Radio Suara Surabaya, Rabu (8/11/2023).

Kedua, menggelar operasi pasar dan pasar murah di 113 titik di 21 kabupaten atau kota. Selain untuk stabilisasi harga terkait inflasi, pasar murah untuk memberikan kemudahan untuk masyarakat mendapat barang pokok yang harganya tidak mahal.

“Bulog juga sudah melaksanakan penyaluran bantuan beras untuk 3,2 juta keluarga, masing-masing mendapat 10 kilogram,” ujar Iwan.

Restu Novi Widiani Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan Iwan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur saat Talkshow "Merawat Bumi Majapahit" bersama penyiar Hendra Hutagalung di Radio Suara Surabaya, Rabu (8/11/2023). Foto: Dukut suarasurabaya.net
Iwan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dan Restu Novi Widiani Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur saat Talkshow “Merawat Bumi Majapahit” bersama penyiar Hendra Hutagalung di Radio Suara Surabaya, Rabu (8/11/2023). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Ketiga, memberikan info pelanggaran di lapangan melalui UPT perlindungan konsumen di 5 wilayah Bakorwil, misalnya terkait harga dan sertifikasi halal.

Keempat, memantau sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok di 120 pasar rakyat. Disperindag Jatim mencatat, harga cabai merah di pasar per tanggal 7 November 2023 ada di angka Rp47.247. Cabai rawit di harga Rp66.186, jauh di atas harga acuan maksimal Rp57 ribu. Sementara harga beras premium Rp13.929. Beras medium tanggal 7 November 2023 ada di angka Rp11.323, di atas harga eceran tertinggi Rp10.900″.

Perlu diketahui, inflasi year-on-year (y-on-y) Provinsi Jawa pada Oktober 2023 sebesar 3,25 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,89. Inflasi y-on-y tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep, sebesar 5,29 persen dengan IHK sebesar 118,94 dan terendah terjadi di Madiun sebesar 2,41 persen dengan IHK sebesar 114,45.

Tren kenaikan inflasi pangan dapat menurunkan daya beli masyarakat, meningkatkan biaya produksi, dan berpotensi menekan daya beli masyarakat. Apalagi dengan adanya fenomena El Nino yang berpengaruh pada produktivitas komoditi pangan.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs