Minggu, 28 April 2024

Indonesia Berkomitmen Jaga Stabilitas dan Perdamaian di KTT G20

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan saat kunjungan ke Pasar Tambakrejo Kota Surabaya pada Senin 6 Februari 2023 lalu. Foto: Dok/Meilita suarasurabaya.net

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) mendampingi Joko Widodo Presiden RI membawa misi stabilitas dan perdamaian yang siap disampaikan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di India pada 9-10 September 2023.

“Seperti yang dikatakan Bapak Presiden, Indonesia mengusung komitmen stabilitas dan perdamaian untuk disuarakan dalam KTT G20 di India,” kata Mendag dilansir Antara, Sabtu (9/9/2023).

Kali ini, India menjadi tuan rumah KTT G20 yang berlangsung selama dua hari itu.

Sebelum ini, Mendag mengatakan pernah datang ke India untuk menghadiri acara bertajuk Trade and Investment Ministerial Meeting (TIMM) G20 pada 24-25 Agustus 2023 yang membahas tentang investasi dan perdagangan.

Sebagian besar kesepakatan dalam pertemuan tersebut sudah selesai. Harapannya, dapat segera membuahkan hasil yang bermanfaat bagi Indonesia.

G20 adalah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia.

Anggota G20 mencakup Australia, Argentina, Brasil, Kanada, Tiongkok, Uni Eropa, Jerman, Prancis, India, Indonesia, Meksiko, Jepang, Italia, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris dan Amerika Serikat.

Di bawah kepemimpinan India, fokus utama G20 adalah pembahasan soal reformasi arsitektur utang internasional, peraturan terkait mata uang kripto, serta dampak ketidakpastian geopolitik terhadap ketahanan pangan dan energi. (ant/bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs