Kamis, 16 Mei 2024

Rupiah Menguat Jadi Rp15.365 per Dolar AS pada Kamis Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (14/9/2023) pagi menguat 0,03 persen atau 5 poin menjadi Rp15.365 per Dolar AS, dari sebelumnya Rp15.370 per Dolar AS.

Menurut Lukman Leong analis pasar mata uang, Rupiah diprakirakan menguat di tengah koreksi Dolar Amerika Serikat (AS).

“Walau data inflasi AS semalam menunjukkan hasil yang sedikit di atas ekspektasi, namun investor bersiap menantikan data penjualan ritel AS yang diperkirakan akan lebih lemah dari bulan lalu,” katanya dilansir dari Antara.

Data inflasi AS menunjukkan pertumbuhan menjadi 3,7 persen pada Agustus 2023. Meningkat dibandingkan pada Juli 2023 yang berada di kisaran 3,2 persen.

Menurutnya, ekspektasi kenaikan pada inflasi serta tingkat suku bunga The Fed sudah priced in. Karena itu, kendati ada kenaikan data inflasi AS, Rupiah tetap dapat menguat.

“Investor sekarang beralih ke data ritel AS yang diperkirakan menurun ke posisi 0,2 persen pada Agustus 2023 dibandingkan 0,7 persen pada bulan lalu,” ucap Lukman. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs