Minggu, 5 Mei 2024

Usai Uji Coba, Kereta Panoramic Resmi Layani Rute Surabaya – Bandung

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Interior desain Kereta Panoramic yang dirangkaian KA penumpang Argo Parahyangan dan KA penumpang Argo Wilis. Foto: Humas KAI Daop 8 Surabaya

Kereta Api Indonesia (KAI) resmi operasikan kembali kereta panoramic mulai besok, Minggu (5/2/2023). Tak lagi rute uji coba pulang pergi (PP) Jakarta – Yogyakarta, tapi bertambah melayani PP Surabaya Gubeng-Bandung.

Sebelumnya, Kereta Panoramic hanya dirangkaikan pada KA penumpang Taksaka Tambahan (Gambir – Yogyakarta PP). Namun kini dirangkaikan pada KA penumpang Argo Parahyangan (Gambir – Bandung PP), dan KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng – Bandung.

Pengoperasian kembali Kereta Panoramic itu usai beberapa evaluasi perjalanan Kereta Panoramic sebelumnya di masa angkutan Nataru tahun 2022/2023.

Luqman Arif Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, pengoperasian kereta juga bertujuan agar masyarakat Surabaya bisa merasakan kereta spesifikasi khusus untuk menikmati panorama itu. Penumpang, bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

“Disamping itu pengoperasian kembali ini dilakukan agar masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya dapat turut merasakan layanan KA Panoramic keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng,” kata Luqman.

Jadwal operasi Kereta Panoramic, lanjutnya, setiap hari Minggu, dirangkaikan pada KA Argo Wilis keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.30 WIB, dan dijadwalkan tiba di Stasiun Bandung pukul 17.25 WIB. Waktu tempuh yang diperlukan, 9 jam 55 menit.

Selama Februari 2023, Kereta Panoramic akan beroperasi pada tanggal 5, 12, 19, dan 26.

Calon penumpang yang akan menggunakan KA Panoramic bisa memesan tiket KA Argo Wilis Panoramic di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Terkait tarif KA Argo Parahyangan Panoramic, dibanderol Rp350 ribu dan Argo Wilis Panoramic Rp1.120.000, dengan kapasitas kereta sebanyak 38 tempat duduk.

Diketahui, kereta hasil inovasi Balai Yasa Surabaya Gubeng itu sudah pernah diperkenalkan ke masyarakat pada rangkaian HUT KAI bulan September 2022 lalu.

Kereta Panoramic sempat beroperasi sementara pada masa Nataru 24 Desember 2022 – 8 Januari 2023 dengan digabungkan rangkaian KA Taksaka Tambahan. Namun kemudian dihentikan untuk dievaluasi.

Terdapat mini pantry di dalamnya untuk menyajikan makanan yang diberikan oleh petugas Train Attendant Pramugari (TAP) ke para penumpang.

“Dalam setiap perjalanan, para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi, dan juga menikmati fasilitas Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta,rak bagasi khusus di ujung kereta serta Panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan karena Kereta Panoramic. Memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan,” pungkas Luqman.(lta/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs