Sabtu, 20 April 2024

BEI Cabut Notasi Khusus Antam Setelah Menang Gugatan PKPU

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Seorang pekerja tambang PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menunjukkan bijih nikel yang siap diolah menjadi feronikel. Foto: Antara Seorang pekerja tambang PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menunjukkan bijih nikel yang siap diolah menjadi feronikel. Foto: Antara

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencabut notasi khusus “M” pada saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam setelah perseroan memenangkan pencabutan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Pencabutan PKPU Antam sesuai putusan atas perkara Nomor 387/Pdt.Sus- PKPU/2023/PN:Niaga.Jkt.Pst. tanggal 6 Februari 2024 oleh Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), yang diajukan oleh Budi Said sebagai termohon.

“Dengan putusan tersebut, maka notasi khusus “M” pada saham ANTM telah dicabut oleh BEI,” ujar Syarif Faisal Alkadrie Sekretaris Perusahaan Antam di Jakarta, Jumat (16/2/2024), dikutip Antara.

Berdasarkan Surat Edaran BEI No. SE-00006/BEI/05-2023 tanggal 5 Juni 2023, menyebutkan bahwa pemberian notasi khusus bukan merupakan suatu bentuk hukuman atau ketetapan.

Namun demikian, menerangkan status suatu Perusahaan Tercatat berdasarkan kondisi aktualnya, atas hal-hal yang informasinya bersifat publik.

“Dengan penetapan oleh Pengadilan Niaga, maka notasi khusus pada saham ANTM sudah dicabut oleh BEI, mengingat saat ini sudah tidak ada pihak yang mengajukan PKPU terhadap perusahaan,” ujar Syarif.

Ia menjelaskan ke depan Antam berkomitmen terus memastikan pengelolaan seluruh komoditas inti, dengan dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan taat asas, sejalan dengan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

“Perusahaan juga berharap kondisi ini semakin meningkatkan kepercayaan pemegang saham terhadap Antam,” ujar Syarif.

Sebelumnya, Antam digugat PKPU oleh pengusaha asal Surabaya Budi Said terkait kasus transaksi jual beli emas Antam sebanyak 1,1 ton. Namun, Antam berhasil memenangkan gugatan pada 6 Februari 2024 berdasarkan putusan PKPU Nomor 387/Pdt.Sus-PKPU/2023/PN.Niaga.Jkt.Pst.

Selanjutnya, Antam mengajukan surat kepada BEI untuk menghapus special notation yang tersemat pada saham ANTM, dimana sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada Surat Edaran BEI nomor SE-00023/BEI/12-2021 tanggal 30 Desember 2021. (ant/azw/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs