Minggu, 25 Februari 2024

Sandiaga Uno Resmi Luncurkan Program Apresiasi Kreatif Indonesia 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ketika peluncuran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Foto: Humas Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ketika peluncuran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Foto: Humas Menparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) meluncurkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) sebagai salah satu program strategis Kemenparekraf, yang mengusung tema ‘Kreasi’ akan diselenggarakan di 12 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Menparekraf mengatakan, AKI sudah memasuki tahun keempat dan tahun ini AKI akan hadir dengan inovasi baru. Di mana adanya keterlibatan subsektor ekonomi kreatif tambahan seperti game (gim).

Sehingga tahun 2024, terdapat tujuh subsektor ekraf yang terlibat didalamnya yakni kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film, serta gim.

“Rangkaian AKI 2024 akan dimulai di Kota Bekasi, sedangkan roadshow program prioritas ini akan berjalan dan selesai tepat waktu,” ujar Sandiaga, dilansir Antara, Senin (13/2/2024).

Sementara, Apresiasi Kreasi Indonesia ini, sudah memasuki tahun keempat. Dan tahun ini AKI akan hadir dengan inovasi baru, dengan adanya keterlibatan subsektor ekonomi kreatif tambahan seperti gim.

Sehingga tahun 2024, terdapat tujuh subsektor ekraf yang terlibat di dalamnya yakni kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film, serta gim.

Program AKI 2024 secara resmi diluncurkan Menparekraf dalam ‘The Weekly Brief With Sandi Uno’, Senin (12/2/2024) sore.

Sementara, tahun ini pendaftar ditargetkan sebanyak 10.000 orang, yang kemudian akan dikurasi dan dipilih sekitar 360 pelaku ekonomi kreatif di 12 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Adapun, Bekasi yang menjadi kota pertama penyelenggaraan AKI 2024, selanjutnya akan dilanjutkan di Serang, Singkawang, Magelang, Blitar, Denpasar, Palu, Toba, Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke.

M. Neil El Himam Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf menambahkan, AKI 2024 siap menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring dan database, serta ajang publikasi dan promosi serta memperluas pasar bagi jenama lokal.

“Rencananya akan ada inovasi baru lagi yakni kita akan menambahkan sekolah ekspor buat alumni-alumni AKI sebelumnya. Karena ternyata memang hal ini dibutuhkan karena beberapa pelaku AKI kemarin punya potensi ekspor yang luar biasa,” kata Neil. (ant/sya/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
27o
Kurs