Sabtu, 29 Januari 2022
Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa

PKLP Ubaya Bantu Kenali Potensi dan Minat Peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Setelah kegiatan personal development workshop selesai, peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB) mengikuti tahapan psikotes secara gratis bersama Pusat Konsultasi dan Layanan Psikologi Universitas Surabaya (PKLP Ubaya).

Kegiatan kolaborasi antara Suara Surabaya Media (SS) dan Ubaya kali ini menggandeng PKLP Ubaya untuk membantu memberikan gambaran profil psikologis kepada peserta berkaitan dengan potensi dan minat diri mereka masing-masing. Rangkaian kegiatan psikotes diikuti oleh 52 peserta IBMLB secara virtual selama empat hari mulai dari 5-8 Juli 2021.

“Adanya tes ini bertujuan untuk membantu para peserta mengenali diri mereka lebih baik dan strategi pengembangan diri untuk menjadi remaja Indonesia muda luar biasa,” kata Ni Putu Adelia Kesumaningsari, S.Psi., M.Sc., Dosen Fakultas Psikologi Ubaya sekaligus Wakil Direktur PKLP Ubaya.

Proses pengerjaan psikotes peserta IBMLB dilakukan di dalam ruang kelas secara virtual dengan adanya proses supervisi oleh pemandu tes dari PKLP Ubaya. Tujuannya agar proses tes dapat berjalan secara optimal. Meskipun psikotes tersebut dilakukan secara virtual, peserta tidak perlu khawatir karena psikotes PKLP Ubaya sudah melakukan sejumlah standarisasi pengerjaan psikotes online untuk menjaga kualitas pengerjaan tes dan hasil pemeriksaan. Selain itu, PKLP Ubaya juga telah memberikan layanan psikologis selama 20 tahun sehingga teruji secara ilmiah dengan metodologi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Setelah mengerjakan psikotes, hasil pemeriksaan psikologi akan diolah oleh PKLP Ubaya dan dikirimkan ke email peserta masing-masing. Selanjutnya, peserta berkesempatan untuk mengikuti konsultasi hasil pemeriksaan psikologi secara individual dengan para psikolog profesional PKLP Ubaya. Konsultasi ini dilakukan secara virtual dengan durasi waktu selama 45 menit.

Saat melakukan konsultasi, peserta dapat menanyakan lebih lanjut terkait kelebihan dan kekurangan apa saja yang perlu di perhatikan untuk pengembangan diri lebih optimal di masa depan.

Laporan hasil pemeriksaan psikologi yang diterima menampilkan deskripsi profil peserta dalam bentuk uraian aspek per potensi yang diukur. Mulai dari motivasi berprestasi, sifat melayani, kemampuan memecahkan masalah atau kecerdasan, conscientiousness atau keteraturan, dan kemampuan menghadapi tekanan. Ditambah lagi, extraversion atau kemudahan bergaul, berpandangan terbuka dan kompatibilitas atau keluwesan. Selain informasi terkait potensi, mereka juga mendapatkan gambaran tiga minat karir yang menonjol pada diri peserta IBMLB.

“Indonesia membutuhkan pemuda-pemuda yang kreatif, inovatif, solutif dan visioner. Karena itu seorang yang muda luar biasa perlu benar-benar mengenal dirinya terlebih dahulu. Supaya dia bisa berbuat lebih untuk sekitar dengan memanfaatkan potensi, kelebihan dan kekuatan yang ada di dalam dirinya,” pungkas Adelia.

Sekadar diketahui, sebelumnya terdapat 130 peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa yang mendaftar. Ada 99 peserta yang lolos tahap selanjutnya.

Program kolaborasi Suara Surabaya dengan Ubaya ini bisa menginspirasi Kawan Muda di tengah pandemi dengan tujuan membangkitkan semangat kepedulian khususnya kepada Indonesia.

Diharapkan ke depan Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa bisa menjadi wadah bagi anak muda yang memiliki prestasi, karya yang memberikan pengaruh positif baik pada keluarga, lingkungan, serta masyarakat guna mengembangkan soft skill.

Peserta yang lolos tahap selanjutnya kemudian mengikuti virtual gathering, personal development workshop, tes bakat minat dan konsultasi, serta diakhiri dengan leadership training dan awarding.

Peserta juga memiliki peluang mendapatkan beasiswa hingga 100 persen kuliah di Ubaya baik jenjang S1 maupun S2.

Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa ini persembahan Suara Surabaya Media dan Universitas Surabaya (Ubaya) The First University In Heart And Mind, didukung Dealer Vespasatya PT Satya Mandiri Motors, dan JETE – Best For Your Gadget.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Sabtu, 29 Januari 2022
25o
Kurs