Kamis, 21 Oktober 2021
Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa

Peserta IBMLB Sebagian Tertarik Menjalani Workshop Sport: Explore Your Potential

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa saat mengikuti paparan narasumber workshop dengan tema Sports : Explore Your Potential. Foto: tangkapan layar zoom

Kawan muda luar biasa peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB) yang digelar Suara Surabaya (SS) dan Universitas Surabaya (Ubaya) pada Kamis (1/7/2021) menjalani workshop sesi 3 untuk melengkapi peminatan tiap peserta.

Hayuning Purnama Dewi, Direktur Marketing dan Public Relations Ubaya yang juga satu di antara panitia IBMLB mengatakan, total ada 7 kelas workshop yang disiapkan untuk peserta IBMLB. Yakni Sports: Explore Your Potential, Designing My Successful Future, Business Development: Plan, Innovate & Action, YOUTHNALISTIC: Young and Creative Campus Journalism, Creativepreneurship, Produce new ideas in art activities dan Scientific Writing.

Workshop Sports : Explore Your Potential pada sesi pertama diberikan oleh Calvin Hadinata, S.E. Calvin menceritakan pengalaman sebagai atlet basket dan penerima beasiswa basket. “Penerima beasiswa tentunya punya tanggung jawab lebih selain kesempatan yang luar biasa diberikan oleh Ubaya untuk mengembangkan kegemaran saya basket,” ungkap Calvin yang saat ini sedang kuliah pascasarjana.

Olahraga tidak sekadar permainan, namun juga membentuk karakter. Hal yang sama diungkapkan Galuh Mutiara mahasiswa Fakultas Hukum yang juga sebagai atlet Ski Air. Pembicara pada sesi kedua, Ubaya menghadirkan atlet Ski Air Galuh Mutira. Galuh mengungkapkan bahwa olahraga Ski Air sudah mandarah daging jadi untuk meninggalkan sangat sulit. Namun atlet Ski Air yang bertanding dua kali di SEA Games menyadari bahwa pendidikan formal juga penting untuk membekali ketika sudah pensiun kelak.

“Kita berhak sebagai individu untuk mendapat Pendidikan formal baik kalian semua sebagai atlet yang mewakili negara,” ungkap Galuh saat mengisi workshop Sports: Explore Your Potential.

Peserta yang rata-rata backgroundnya atlet pun antusias menanyakan kepada pembicara.

“Bagaimana cara membagi waktu atau memilih antara dunia yang sekarang digeluti dengan masuk Pendidikan formal atau masuk ke dunia kerja,” ungkap Helena salah satu peserta yang menggeluti balet hingga ke negeri Tirai Bambu.

Galuh pun menanggapi bahwa selagi kita bisa melibatkan diri pada aktivitas yang kita gemari walau tidak full karena tiap hari masih tetap pakai seragam karena statusnya sebagai pegawai itu keren banget. Karena tidak mungkin kita bisa meninggalkan dunia olahraga yang sudah mandarah daging.

Fira salah satu peserta yang juga sebagai atlet Tenis Meja menanyakan bagaimana cara melepas beban saat sedang dalam pertandingan. Atlet Ski Air sejak duduk di bangku Sekolah Dasar menanggapi dengan saat itu pikirkan Fira mau menjadi passenger atau driver. Jadi harus pandai menempatkan diri kapan jadi atlet atau jadi individu.

Workshop Sports: Explore Your Potential sesi ke tiga di tutup oleh Muhammad Insan Tarigan, S.H., M.H selaku Manajer PAKM (Pendampingan Aktivitas dan Kegiatan Mahasiswa) Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan Ubaya.

Insan sapaan sehari-hari di Ubaya menyampaikan bahwa ketika mendengar cerita teman-teman, sebenarnya sudah ada yang menemukan potensinya tetapi juga ada yang belum. Tidak apa-apa, ini hanya persoalan waktu karena pada dasarnya semua manusia memiliki potensi yang luar biasa. Hanya saja potensinya berbeda dan masih terpendam.

“Jadi yang menjadi problem adalah bagaimana menemukan potensi yang terpendam tersebut. Caranya yang pertama bisa memulai dari hal yang paling kita sukai yaitu hal-hal yang kecil di sekitar kita. Hal-hal sepele itu bisa menjadi potensi atau bahkan menjadi karir kita dimasa mendatang,” ungkap Dosen Hukum International Fakultas Hukum.

Semua jenis olahraga akan diwadahi oleh Ubaya melalui pemberian beasiswa yang bisa mendukung biaya pendidikan sehingga mahasiswa dapat tetap menjalankan serta memaksimalkan potensinya melalui turnamen dan perlombaan. Pada pamungkas sesi Workshop Sports: Explore Your Potential, Insan menyampaikan bahwa Ubaya selalu berupaya mendukung potensi-potensi mahasiswanya.

Setelah mengikuti personal development workshop secara virtual, kegiatan akan dilanjutkan dengan tes bakat minat dan konsultasi secara gratis. Peserta juga berkesempatan mendapatkan beasiswa hingga 100 persen berkuliah di Ubaya untuk jenjang S1 maupun S2.

Sekadar diketahui, sebelumnya terdapat 130 peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa yang mendaftar. Ada 99 peserta yang lolos tahap selanjutnya.

Program kolaborasi Suara Surabaya dengan Ubaya ini bisa menginspirasi Kawan Muda di tengah pandemi dengan tujuan membangkitkan semangat kepedulian khususnya kepada Indonesia.

Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB) ini persembahan Suara Surabaya Media dan Universitas Surabaya (Ubaya) The First University In Heart And Mind, didukung Dealer Vespasatya PT Satya Mandiri Motors, dan JETE – Best For Your Gadget.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 21 Oktober 2021
34o
Kurs