Sabtu, 20 April 2024

Biayai Calon Haji Tertunda, PPIH Terpaksa Utang Katering

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jemaah calon haji embarkasi Surabaya yang bersiap hendak berangka ke Bandara Juanda menuju ke tanah suci. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Calon jemaah haji Embarkasi Surabaya yang tertunda berangkat karena visa masih berada di Asrama Haji Sukolilo. Karena tak ada anggaran, panitia terpaksa utang ke katering.

Hingga Kamis (27/8/2015) masih ada sebanyak 22 orang calon haji yang tertunda berangkat karena visa. Mereka yang berasal dari luar daerah masih diberikan tempat untuk akomodasi dan makanan di Asrama Haji Sukolilo.

Tapi ternyata, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya tidak mempunyai anggaran untuk ini.

Muhammad Sakur Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kanwil Jatim mengatakan bahwa anggaran yang ada hanya untuk calon haji yang akan berangkat ke tanah suci.

“Kami ini sebenarnya tidak ada anggaran untuk yang terkendala visa, tapi tetap kami tampung dan kita berikan yang terbaik,” ujarnya.

Lantas darimana biaya untuk akomodasi dan makanan yang dijatah untuk masing-masing orang Rp77ribu setiap harinya, untuk tiga kali makan dan dua kali snack?

“Ya kami terpaksa utang dulu ke katering. Nanti kami mintakan ke kemenag,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Kamis.

Keluhan mengenai hal ini juga disampaikan oleh Sakur kepada rombongan Komisi IX DPR RI yang berkunjung ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Namun, perhatian para anggota dewan sudah telanjur pada minyak goreng di dapur asrama yang sudah berwarna hitam, diduga karena sudah digunakan berkali-kali. (den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs