Minggu, 5 Mei 2024

Hindari Penyakit dan Nyamuk, Asrama Haji Surabaya Di-fogging

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya melakukan fogging di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya bersiap menyambut calon jemaah haji dengan melakukan pembersihan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Langkah yang dilakukan adalah menyemprotkan anti serangga ULV (ultra low volume), fogging dan spraying.

Penyemprotan ULV lebih banyak dilakukan di luar ruangan. Spraying difungsikan untuk mencegah hama dan rayap. Kemudian fogging dilakukan di setiap sudut ruangan, mulai dari kamar yang akan ditempati calon jemaah haji, kamar mandi, tempat kesehatan, selokan, tong sampah hingga dapur umum.

Selain itu, petugas KKP juga melakukan sanitasi, di tempat sampah, tandon air, selokan, dapur umum dan lingkungan lainnya.

Mulyo Arianto Kabid Pengendalian Risiko Lingkungan KKP Kelas I Surabaya menjelaskan, pemeriksaan sudah dilakukan secara berkala dengan mengecek semua sarana dan prasarana yang ada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, sebelum calon jemaah haji tiba dan menginap di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

“Asrama haji itu harus bersih dari vektor (organisme seperti nyamuk dan rayap), jadi yang dilakukannya fogging, sanitasi ULV, dan spraying,” kata Mulyo Arianto, pada suarasurabaya.net, Senin (24/7/2017).

Mulyo berharap, pada saat calon jemaah haji tiba, Asrama Haji Embarkasi Surabaya sudah bersih dari vektor nyamuk yang bisa menularkan penyakit.

“Ini asrama haji sudah siap 100 persen digunakan dan ditempati para tamu Allah, calon jemaah yang akan berangkat haji,” ujarnya.(bry/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs