Kamis, 6 Oktober 2022

Dua Jemaah Haji Masih Tertahan di Tanah Suci karena Jalani Perawatan Kesehatan

Laporan oleh Retha Yuniar
Bagikan

Abdul Haris Sekretaris PPIH menuturkan setidaknya ada 3 jemaah Haji debarkasi Surabaya yang tidak bisa kembali bersama rombongan kloternya karena sakit. Satu di antaranya sudah pulih dan ikut pulang ke Tanah Air bersama kloter 10.

“Yang sakit Sugeng Ngadeni Marwit dan Anang Handoyo Achmad Chadad. Sedangkan jemaah haji Sainem Pairan Sono, jemaah asal dari Ponorogo yang dirawat di Jeddah, telah diperbolehkan pulang dan telah sampai ke tanah air ikut dalam rombongan kloter 10,” ungkapnya.

Haris menuturkan, dua jemaah tersebut dirawat di dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi.

“Untuk dua orang ini informasinya sudah ada perkembangan,” imbuhnnya.

Haris berharap dua jemaah dari kloter 9 dan 10 yang sedang menjalani pemulihan bisa kembali sehat dan bisa kembali ke Tanah Air mengikuti kloter berikutnya.

“Tapi pulang ini tidak hanya sekedar sehat tapi harus ada kloter yang kosong. Kalo belum ada, sementara harus menunggu sampai ada open seat atau slot kosong pada pada kloter berikutnya,” paparnya

Fadilla Fitrianti, dokter kloter 10 memmbenarkan bahwa tim medis memang belum memberikan ijin kepulangan jemaah haji Anang Handoyo ke tanah air.

“Varisela namanya dan ini karena virus. Jadi Pak Anang perlu dirawat sampai pulih dan virusnya menjadi tidak aktif. Pak Anang saat ini dirawat di KKHI – Klinik Kesehatan Haji Indonesia,” tutur dr. Fadilla Fitrianti Dokter kloter 10.

Jemaah asal Nganjuk yang seharusnya tiba di Tanah Air Jumat malam kemarin (22/7/2022). Disebutkan dr Fadilla bahwa jemaahnya itu masih harus menjalani perawatan dan isolasi sampai kondisinya pulih.

“Pak Anang walau memiliki riwayat diabetes, namun secara umum kondisinya bagus. Tapi tetap belum boleh terbang karena sakitnya.” kata dia.

dr. Fadila juga menceritakan bahwa 3 hari menjelang kepulangan, pria berusia 54 tahun ini sempat mengeluhkan badan panas disertai munculnya bintik berair pada sekujur tubuhnya.

Sedangkan jemaah yang terkonfirmasi positif Covid bertambah menjadi 29 orang.

Penambahan 1 orang pada kloter 10, lalu kloter 11 ada 3 orang, kloter 12 ada 1 orang sedangkan kloter 13 masih sedang dalam proses pemeriksaan di Asrama Haji.(tha/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Kamis, 6 Oktober 2022
32o
Kurs