Jumat, 19 April 2024

NASA Rancang Roket untuk Ketahui Asal-Usul Kehidupan

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Ilustrasi. Saat NASA luncurkan pesawat luar angkasa The GRAFT. Foto : nasa.gov

Peneliti Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memasang rangkaian terakhir pesawat luar angkasa, untuk berhadapan dengan asteroid Bennu pada 2018 guna mendapat petunjuk mengenai asal-usul kehidupan.

“Beberapa hari lagi, pemasangan bagian roket selesai dan kami akan membawa pesawat luar angkasa ini ke Atlas V, untuk memulai perjalanannya menuju Bennu dan kembali ke Bumi,” kata Dante Lauretta peneliti utama kegiatan tersebut, di Pusat Antariksa Kennedy, Tanjung Kanaveral, Amerika Serikat.

Kegiatan senilai satu miliar dolar Amerika Serikat itu, dikenal dengan OSIRIS-REx, dijadwalkan meluncurkan roket tersebut pada 8 September 2016 dari Tanjung Kanaveral di Florida.

Roket robotik bertenaga matahari itu, dibuat Lockheed Martin dan dirancang untuk berhadapan dengan asteroid 1999 RQ36 yang dikenal dengan nama Bennu. Nantinya roket ini akan meluncur selama dua tahun untuk pemetaan dan penelitian.

Nantinya, lengan robotik roket itu digunakan untuk mendapatkan contoh, nantinya akan diteliti saat kembali ke bumi pada 2023.

Dilansir dari Antara, peneliti tertarik mempelajari bahan mineral dan kimia dalam asteroid.

Asteroid serupa yang sempat menubruk bumi diyakini mengandung material organik dan air yang memungkinkan adanya kehidupan.

“Kami berharap dapat menemukan material yang umurnya mendahului sistem solar saat ini,” kata Lauretta.

Dia juga mengatakan, sampel fisik dari misi Apollo ke bulan pada 1960 hingga 1970-an masih banyak digunakan hingga saat ini.

“Demi memahami unsur kimia hingga ke tingkat molekul, kita harus mendapatkan sampel lagi dan membawanya ke laboratorium terbaik di negara dan seluruh dunia untuk pengetahuan generasi selanjutnya,” kata Jason Dworkin peneliti misi tersebut.

Hayabusa merupakan pesawat luar angkasa asal Jepang pertama yang berhasil membawa kembali sampel fisik asteroid ke bumi pada 2010.

Bersamaan dengan perangkat sampel, roket Osiris-Rex juga dilengkapi dengan kamera dan alat sensor guna mempelajari tenaga yang mempengaruhi arah orbit asteroid.

Meski demikian, rencana peluncuran roket agar tepat berhadapan dengan Bennu dinilai cukup sulit. Lauretta mengatakan, hal itu karena prediksi perhitungannya bukan ilmu pengetahuan yang sempurna.

“Nyatanya banyak tantangan yang tak diperkirakan sebelumnya, misalnya tenaga lain seperti tekanan radiasi matahari. Bahkan emisi panas dari asteroid dapat mempengaruhi gerak roket,” tambah Lauretta.

Misi itu akan memberi pemahaman baru bagi astronom untuk mengetahui pengaruh panas matahari terhadap pergerakan batu di luar angkasa, kata Dworkin. Dia juga mengatakan, informasi itu penting diketahui guna melindungi bumi dari asteroid, yang mungkin menabrak planet tersebut pada masa depan. (ant/tit/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs