Jumat, 29 Maret 2024

Sistem BIM Mempermudah Perencanaan Pengembangan Bangunan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ary Sunantiyo (kiri) bersama dosen pembimbingnya, Ronny Durrotun Nasihien, S.T.,M.T). Foto: humas Unnar

Di usia yang sudah tidak muda lagi, Ary Sunantiyo merasa beruntung masih diberi kesempatan menempuh pendidikan S1 di Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama Surabaya secara transfer sambil bekerja di Unit Planning and Development Universitas Kristen Petra Surabaya.

Pria kelahiran 3 Januari 1968 itu pun berhasil menyelesaikan studinya dengan waktu yang tergolong cepat dan mengikuti prosesi wisuda online yang digelar Universitas Narotama (Unnar) Surabaya beberapa waktu lalu.

Dengan pengalamannya di bidang perencanaan dan pengembangan selama kurang lebih 20 tahun, ternyata hal itu tidak mudah juga bagi Ary sapaan Ary Sunantiyo menentukan tema skripsi yang bakal dikerjakannya.

“Waktu itu diskusi dengan Pak Ronny (Ronny Durrotun Nasihien, S.T.,M.T) dan beliau menyarankan untuk mengangkat tema BIM (Building Information Modelling) yang selama ini memang sedang saya dalami,” terang Ary, Sabtu (14/11/2020).

BIM adalah suatu sistem yang mempermudah perencanaan pengembangan suatu bangunan. Misalnya saja jika ingin membuat proyek bangunan biasanya para arsitek menggunakan gambar 2 dimensi. Gambar 2 dimensi tersebut bisa membuat terjadinya ketidakcocokan antara arsitek dan ahli struktur.

“Kenapa terjadi kebingungan bahkan bisa sampai ketidakcocokan? Karena gambar kita hanya bisa melihat satu sisi bangunan dengan gambar 2 dimensi. Ketika ada perubahan sedikit yang harus dilakukan, gambar itu harus dirombak total. Dan penggunaan BIM ini akan mempermudah pekerjaan perencanaan dan pengembangan,” papar Ary.

Dengan sistem BIM yang menggunakan bentuk 3 dimensi, gambar keseluruhan bangunan yang akan dikerjakan bisa terlihat semuanya. Termasuk sambungan listrik dan pipa, sehingga ahli struktur dan mekanikal tidak kesulitan jika harus mengubah letak sambungan tersebut.

“Ketika ada yang harus diubah, maka keseluruhan gambar juga langsung berubah secara otomatis. Tentunya penggunaan sistem BIM ini akan sangat membantu pekerjaan bidang perencanaan dan pengembangan bangunan. Namun sayangnya belum banyak digunakan di Surabaya,” ujar lulusan D3 UK Petra tersebut.

Oleh karena itu, Ary mengerjakan skripsinya sambil membagikan ilmu dan pengalamannya pada sesama teman mahasiswa. Dengan harapan bahwa sistem BIM akan banyak digunakan di proyek-proyek bangunan Kota Surabaya di masa depan.

“Memang sistem ini tidak mudah dan itu yang membuat mahasiswa kebanyakan kurang tertarik karena terlalu rumit. Padahal jika sudah menguasai, sistem BIM akan sangat mempermudah pekerjaan. Rata-rata mereka yang mau belajar dan mulai menguasai sistem BIM ini karena tuntutan pekerjaan di bidang konstruksi dan perencanaan. Kalau nantinya juga dituntut untuk memahaminya, kenapa tidak mempelajarinya dari sekarang??” tegas Ary.

Ary berharap dalam 2-3 tahun ke depan akan semakin banyak mahasiswa Teknik Sipil dan Arsitek di Kota Surabaya yang mendalami sistem BIM. “Karena sistem BIM ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di Indonesia, terutama di Jakarta. Sudah saatnya Kota Surabaya juga mulai menerapkannya,” pungkas Ary.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs