Sabtu, 18 Mei 2024

42 Perusahaan se-Jatim Buka Lowongan Kerja

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Bagi para pengangguran, Rabu (27/8/2014) besok, merupakan kesempatan emas untuk bisa berkompetisi memperebutkan peluang kerja di berbagai perusahaan se-Jawa Timur. Kesempatan itu disediakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lumajang melalui kegiatan Job Market Fair (JMF) Tahun 2014 yang diselenggarakan di Gedung dr Soedjono Jl. Alun-Alun Selatan.

Ismail, SH Kepala Disnakertrans Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Selasa (26/8/2014), mengatakan bahwa kegiatan JMF atau Bursa Pasar Kerja ini, selain diikuti berbagai perusahaan di Kabupaten Lumajang juga diikuti perusahaan dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Sesuai manifestasi terakhir, sebanyak 42 perusahaan yang akan turut serta dalam kegiatan ini. Hanya satu perusahaan dari luar Pulau Jawa yang ambil bagian, yakni dari Kalimantan Barat. Untuk di Jawa Timur, ada yang dari Malang, Surabaya,. Jember, Probolinggo, Gresik dan daerah-daerah lainnya,” katanya.

Dari puluhan perusahaan yang membuka lowongan kerja, masih kata Ismail, kesempatan yang disediakan untuk bisa menyerap tenaga kerja seusai target sebanyak 4 ribu orang. “Lowongan kerja yang dibuka memang untuk 4 ribu tenaga kerja. Kesempatan kerja ini dibuka untuk berbagai bidang,” paparnya.

Diantaranya, bisang jasa, marketing dan teller di lembaga keuangan, di bidang kesehatan, perhotelan, industri dan masih banyak bidang lainnya. “Bidang kerja yang disediakan lengkap untuk JMF Tahun 2014 ini. Dengan variasi bidang kerja yang ditawarkan, minimal tenaga kerja yang bisa terserap melalui JMF Tahun 2014 ini sebanyak 750 orang pengangguran,” paparnya.

Hal ini, lanjut Ismail, karena jumlah pengangguran di Kabupaten Lumajang sendiri sejauh ini sesuai data di instansinya mencapai 12 ribu lebih. Jumlah itu belum dari daerah-daerah tetangga yang diyakini juga akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari peluang kerja.

“Sebab, tahun lalu banyak juga tenaga kerja dari daerah tetangga seperti Jember dan Probolinggo yang sengaja datang untuk mencari peluang kerja dalam kegiatan JMF yang kami selenggarakan,” urainya.

Kepada para tenaga kerja, Ismail mengharapkan, besok mereka bisa hadir di lokasi penyelenggaran di Gedung dr Soedjono Jl. Alun-Alun Selatan sejak pagi. Dan tenaga kerja hanya perlu membawa kelengkapan persyaratan berupa kopi ijasah, sertifikasi pendidikan lain yang dimiliki dan kopi identitas.

Di lokasi, Disnakertrans Kabupaten Lumajang telah menyediakan lowongan-lowongan kerja yang telah disiapkan. Peminat kerja dipersilahkan untuk memilih mana bidang kerja yang cocok dan bisa langsung mengajukan proposal lamaran. Kemudian, mereka bisa mengisi dokumen yang diberikan petugasnya.

“Sepertinya, ada yang langsung tes administrasi dan wawancara di lokasi. Meskipun ada yang tidak, karena ada yang wawancana di Kantor Disnakertrans. Yang jelas, kami memberikan kesempatan itu sampai sore hari. Silahkan manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” demikian pungkas Ismail. (her/ipg)

Teks Foto :
– Papan manifestasi lowongan kerja yang dibuka dalam kegiatan Job Market Fair yang dilaksanakan di Gedung dr Soedjono Jl. Alun-Alun Selatan.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs