Selasa, 14 Mei 2024
Pemilu Legislatif

BPBD Lumajang Monitoring Mobile di TPS Rawan Bencana

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Dalam pelaksanaan persiapan hingga pemungutan suara Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Kabupaten Lumajang, ada sejumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang terletak di wilayah rawan bencana. Terutama TPS yang terletak di 7 wilayah kecamatan rawan bencana saat musim hujan.

Pasalnya, wilayah-wilayah ini, dialiri DAS (Daerah Aliran Sungai) dari puncak Gunung Semeru. Termasuk juga, rawan terjadi longsor. Diantaranya, wilayah Kecamatan Tempursari, Pronojiwo, Candipuro, Pasirian, Tempeh, Senduro dan Pasrujambe.

Rochani, Ssos Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Senin (24/3/2014), mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan monitoring secara mobile di daerah-daerah rawan bencana tersebut.

“Jika terjadi apa-apa, kita bisa memotitor secara mobile. Ada sebanyak 10 personel yang akan melakukan siaga keliling dengan menggunakan 2 kendaraan operasional yang kita miliki,” kata Rochani.

Yang menjadi fokus utama monitoring ini, masih katanya, di wilayah selatan yang meliputi wilayah Kecamatan Pronojiwo, Candipuro dan Tempursari. “Daerah-daerah ini yang perlu dipantau. Secara keseluruhan, wilayah kecamatan Pasrujambe, Senduro, Tempeh, Pasirian yang juga rawan, akan kita monitor keliling juga karena ada dua tim,” urainya

Untuk mendukung monitoring ini, lanjut Rochani, Posko Aju yang awalnya diperkirakan akan beroperasi hingga 31 Maret, berpotensi untuk diperpanjang. Meski, kemungkinan perpanjangan operasional Posko Aju yang didirikan di Lapangan Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro ini, melihat situasi terlebih dulu.

“Posko Aju bisa diperpanjang melihat situasi cuaca dan juga mempertimbangkan prakiraan cuaca BMKG. Termasuk, jika musim penghujan tetap mengguyur. Kalau tidak ada petunjuk atau surat dari BMKG, maka tidak akan diperpanjang. Di sana ada 12 personil gabungan yang stand by 24 jam dan dibagi 2 shift. Masing-masing terdiri dari 6 personil. Jika Posko Aju ini diperpanjang maka bisa menjadi dukungan monitoring mobile selama Pemilu Legislatif,” pungkas Rochani. (her/ipg)

Teks Foto :
– Rochani, Ssos Kepala BPBD Kabupaten Lumajang.
Foto : Dok. Sentral FM.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs