Sabtu, 11 Mei 2024

Piket Nol Dijadikan Rest Area di Jalur Lintas Selatan Lumajang-Malang

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Jika melalui jalur selatan yang menghubungkan wilayah Kabupaten Lumajang menuju Malang, maka sebuah lokasi yang sejuk dengan pemandangan eksotik bernama Piket Nol, akan menjadi perlintasan. Piket Nol berada di titik tertinggi diantara jalur berkelok yang dibatasi tebing dan jurang yang berada di wilayah Kecamatan Pronojiwo.

Lokasi ini bisa menjadi tempat peristirahatan atau rest area yang menyejukkan bagi pengguna jalan setelah menempuh perjalanan panjang. Terutama di titik Jembatan Gladak Perak yang ada di bawahnya. Pasalnya, tidak sedikit pengendara dari luar provinsi yang melintas di sana. Baik dari Bali atau Kabupaten tetangga Lumajang yang berniat menuju Malang atau sebaliknya.

Gagasan ini berusaha diwujudkan oleh KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Lumajang dengan mempergunakan jembatan lama yang ada di sisi barat jembatan baru yang saat ini tidak dipergunakan. Jembatan lama ini akan diubah selayaknya rest area dengan menyiapkan kedai makanan dan minuman serta menempatkan gazebo-gazebo teduh yang bisa digunakan pengguna jalan untuk beristirahat barang sejenak.

“Gagasan ini akan kita matangkan dengan melibatkan KIM. Teman-teman KIM juga telah melakukan survey ke sana dan tampaknya memadai dan potensial untuk diwujudkan. Sebab, selama ini pengguna jalan yang melintas kebanyakan beristirahat di trotoar jembatan Gladak Perak sembari melihat pemandangan yang memang panoramanya indah,” kata Drs Eddy Hozainy Kabag Humas Pemkab Lumajang kepada Sentral FM, Sabtu (7/6/2014).

Lebih lanjut dikatakannya, jembatan lama Gladak Perak yang saat ini tidak digunakan, nantinya akan disulap dengan membangun pelindung berupa kawat ram transparan sebagai pengaman melingkar penuh dari bawah hingga menutupi atasnya.

“Tujuannya, agar tidak membahayakan siapapun yang beristirahat di sana. Sebab, di jembtan lama itu pengamannya hanya terbatas hingga dikhawatirkan terjatuh ke jurang dibawahnya. Di penambang jembatan itu nantinya dikhususkan untuk beristirahat, makan dan minum saja. Sedangkan, kedai atau warung pedagangnya ada di luar badan jembatan,” paparnya. (her/ipg)

Teks Foto :
– Panorama Piket Nol dan jembatan Gladak Perak lama di wilayah Kecamatan Pronojiwo yang menjadi akses penghubung antara Kabupaten Lumajang dan Malang melalui jalur selatan.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
28o
Kurs