Senin, 29 April 2024

Produk IKM Lumajang Siap Tembus Pasar China

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Berbagai produk unggulan hasil IKM (Industri Kecil Menengah) di Kabupaten Lumajang saat ini akan diperkenalkan melalui Exchange Center (EC) di Tianjin, China. Promosi produk unggulan dari Kota Pisang ini akan dibantu sepenuhnya oleh Prmprov Jatim melalui Biro Administrasi Kerjasama Setda Provinsi Jatim.

Dimana, sosialisasi untuk persiapan promosi ini telah digelar di Pemkab Lumajang yang dihadiri langsung Jasper Ho, Senior Advisor Jawa Timur di Tianjin China. Hal ini disampaikan Drs Eddy Hozainy Kabag Humas Pemkab Lumajang kepada Sentral FM, Jumat (7/2/2014).

Dikatakannya, kegiatan Sosialisasi Exchange Center ini telah digelar di Ruang Terbatas Pemkab Lumajang untuk memberikan pengetahuan kepada IKM di Kabupaten Lumajang tentang berdirinya Exchange Center (EC) di Tianjin, China.

“Intinya, Exchange Center di Tianjin akan memudahkan promosi dan perdagangan produk Jawa Timur, khususnya dari Kabupaten Lumajang ke China. Dan, kegiatan ini dihadiri oleh pengusaha IKM di Kabupaten Lumajang. Diantaranya, mereka yang bergerak dalam usaha kerajinan Batik, Perak, makanan olahan seperti keripik pisang, keripik salak dan keripik nangka dan sale pisang,” kata Eddy Hozainy

Dalam kegiatan ini, Jasper Ho, Senior Advisor EC Tianjin, China menjelaskan bahwa bahwa Tianjin merupakan kota industri besar di China yang bisa menjadi pintu bagi produk ekspor dari Indonesia. Khususnya dari Provinsi Jawa Timur dan lebih khusus lagi dari Kabupaten Lumajang yang saat ini mulai disosialisasikan agar bisa meraih peluang pasar di sana.

“Jasper Ho juga melihat langsung dan melakukan survey, bagaimana produk-produk dari Kabupaten Lumajang yang bisa dipromosikan di negeri tirai bamboo tersebut. Terutama, produk yang nantinya akan di display. Secara keseluruhan, ia mengatakan bahwa bahwa produk dari Kabupaten Lumajang berpotensi untuk di ekspor ke China,” terang Kabag Humas Pemkab Lumajang ini.

Lebih lanjut, masih kata Eddy Hozainy, Jasper Ho juga berharap melalui kegiatan ini IKM di Kabupaten Lumajang memahami proses pemasaran ke luar negeri. Tujuannya, untuk meningkatkan penetrasi pasar luar negeri bagi produk-produk unggulan dari Kota Pisang ini, terutama ke China

Dari pertemuan ini, juga dijelaskan secara detail bahwa Exchange Center atau EC ini merupakan bagian dari kerjasama Pemprov Jatim dengan otoritas Kota Tianjin, China.

“Semoga dengan kerjasama ini akan memperoleh kemajuan yang lebih besar di antara kedua belah pihak, baik Jatim dan Lumajang, khususnya. Karena, dari penjelasan yang bisa ditangkap, kerjasama antara Pemprov Jatim dan Kota Tianjin, China telah dilakukan sejak Tahun 2012,” demikian pungkas Kabag Humas Pemkab Lumajang. (her/rst)

Teks Foto :
– Jasper Ho Senior Advisor Exchange Center di Kota Tianjin, China dalam sosialisasi persiapan promosi produk unggulan Lumajang di Kota Tianjin, China.

Foto : Sentral FM.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs