Jumat, 3 Mei 2024

Suhu Semeru Minus, 60 Persen Edelweis Mati

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Vegetasi tanaman edelweiss yang saat ini dikembangkan di lereng Gunung Semeru terdampak dengan fenomena frozen karena suhu yang super dingin mencapai minus 8 derajat celcius di sana.

Dampak yang terjadi, vegetasi edelweis kebanyakan rusak. Salah-satunya yang terdapat di land of edelweiss Ranu Regulo yang dikembangkan para pegiat JICA (Japan International Cooperation Agency).

Andi Iskandar pegiat JICA Kamis (25/9/2014), mengatakan bahwa dari 2 hektar lahan pengembangan tanaman edelweiss di Ranu Regulo, saat ini 60 persennya sudah rusak karena tidak tahan dengan bunga es yang menempel.

“3 jenis edelweiss yang kita kembangkan di Ranu Kumbolo, kebanyakan jadi rusak. Padahal, kita sudah mencoba mengantisipasinya dengan melakukan penyiraman di saat pagi sebelum matahari terbit dengan harapan bunga esnya mencair. Namun, hal itu tidak banyak menolong,” kata Andi Iskandar.

Pegiat JICA yang telah mengembangkan budidaya edelweiss sejak Tahun 2012 ini menyampaikan, edelweiss merupakan salah-satu vegetasi Semeru dari 27 jenis vegetasi lainnya yang sejak 3 tahun terakhir mulai dikembangkan.
(her)

Teks Foto :
– Bunga es yang bermunculan di kawasan Ranu Regulo menutupi vegetasi land of edelweiss di sana.

Foto : Sentral FM.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs