Minggu, 12 Mei 2024

Kemacetan Pasar Tumpah Ranuyoso Tak Terurai

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Pasar Tumpah Desa Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso di perbatasan dengan Probolinggo selalu menjadi hot spot kemacetan di wilayah Kabupaten Lumajang. Meski sudah membahasnya, Forum Lalu-lintas Lumajang belum memunculkan solusi atas masalah kemacetan ini.

Satlantas Polres Lumajang menginisiasi rapat bersama Forum Lalu-Lintas di Mapolres Lumajang. Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pasar, serta Satpol PP Lumajang hadir dalam rapat tersebut. Termasuk pihak Kecamatan Ranuyoso.

AKP Ridho Tri Putranto Kasatlantas Polres Lumajang mengatakan, rapat koordinasi terkait penertiban jalan di Pasar Wates Wetan tersebut belum memunculkan solusi jitu.

“Kami ingin agar tidak ada lagi kemacetan. Tapi tupoksi kami hanya penertiban jalan,” katanya kepada Sentral FM, Jumat (29/4/2016).

Basuni Kepala Satpol PP Kabupaten Lumajang mengatakan, pihaknya berupaya persuasif kepada para pedagang yang ada di sana. Satpol PP berharap, pihak Kecamatan Ranuyoso mampu membujuk pedagang agar masuk ke dalam pasar.

“Di dalam sebenarnya sudah luas. Kami harap Kecamatan Ranuyoso juga mau mendekati para pedagang,” ujar Basuni.

Sementara, Dinas Pekerjaan Umum yang hadir mewacanakan perbaikan jalan alternatif. Yakni jalan masuk ke Desa Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso. Hanya saja kondisi jalan tersebut diakui masih belum layak. Karena lebarnya yang terlalu sempit.

“Harusnya ada tindakan yang berefek jera kepada pedagang. Misalnya tilang atau penertiban paksa. Sehingga pedagang berpikir ulang ketika menempati bahu jalan berdagang. Selalu saja selama ini, kalau ada penertiban, mereka pasti balik lagi,” kata Wakil Dinas Pekerjaan Umum.

Pantauan di lapangan, para pedagang pisang dan hasil pertanian lainnya di Pasar Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso tetap berjualan di lokasi yang memakan badan jalan.(her/den/ipg)

Teks Foto :
– Rakor Forum Lalu-Lintas Kabupaten Lumajang yang membahas persoalan pasar tumpah Desa Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
33o
Kurs