Minggu, 5 Mei 2024

Menteri LHK Kampanye Bersih Gunung di Ranupani

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan mengunjungi Ranupani, lereng Gunung Semeru, Sabtu (30/4/2016). Mentri akan mengikuti kegiatan Jambore Sapu Gunung 2016, yakni kampanye bersih gunung.

Siti Nurbaya akan melakukan kegiatan bersih gunung ini bersama lebih dari 1.000 aktivis lingkungan dan pecinta alam, serta 300 komunitas. Kegiatan yang dilakukan adalah pembersihan sampah di telaga Ranupani.

Kegiatan serupa akan dilanjutkan pada Minggu (1/5/2016) di sepanjang jalur pendakian Semeru, yang juga menandai pembukaan jalur pendakian Semeru.

Sebagaimana diketahui, jalur pendakian gunung setinggi 3.676 meter diatas permukaan laut (mdpl) ditutup pada 4 Januari lalu untuk recovery konservasi pasca terjadinya kebakaran hutan.

Asat Malik Bupati Lumajang mengatakan, kehadiran Siti Nurbaya Menteri LHK berkaitan dengan keberadaan Ranupani dan Gunung Semeru sebagai salah-satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur yang akan dikembangkan.

“Sekarang sudah dibentuk Badan Otorita BTS (Bromo Tengger Semeru) oleh pemerintah pusat untuk mengembangkan destinasi wisata di empat Kabupaten. Lumajang, Probolinggo, Pasuruan dan Malang. Salah satu destinasi yang segera dikembangkan Ranupani Semeru, serta puncak B29,” katanya kepada Sentral FM, Jumat (29/4/2016).

Penetapan destinasi wisata unggulan berkorelasi dengan kelestarian alam dan juga kebersihan harus dijaga.

“Jadi tujuan Menteri LHK ke sini untuk mengkampanyekan kelestarian dan kebersihan alam di Ranupani,” katanya.(her)

Teks Foto:
– Drs H As’at Malik, Mag Bupati Lumajang. Foto: Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs