Minggu, 5 Mei 2024

Fariz RM Kembali Menyapa Penggemarnya di JTF 2016

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Fariz RM di panggung Jazz Traffic Festival 2014 lalu. Foto : Totok/Dok. suarasurabaya.net

Fariz Rustam Munaf yang lebih dikenal dengan nama Fariz RM, dikenal dikenal masyarakat melalui lagu-lagu ciptaannya, pada awal dekade 1980-an.

Fariz yang pernah tampil di Jazz Traffic Festival pada tahun 2014 lalu mengatakan, 31 persen penggemarnya ada di Jawa Timur terutama di kota Surabaya. Karena itu, dia sangat antusias ketika mendapat kesempatan menyapa penggemarnya di Surabaya di event Bank Jatim Jazz Traffic Festival 2014.

Tahun ini, Fariz akan menyapa kembali penggemarnya di Jazz Traffic Festival 2016 yang dijadwalkan akan manggung pada hari pertama, Sabtu (27/8/2016) di panggung Convention Hall Grand City Surabaya.

Karier bermusik Fariz dimulai sejak tahun 1977. Saat itu, Fariz beserta teman-teman sekolahnya di SMA Negeri 3 Jakarta mengikuti Lomba Cipta Lagu Remaja yang diadakan Radio Prambors Jakarta.

Pada awal dekade 1980-an, laguciptaannya, seperti Barcelona dan Sakura, meledak dan mampu melejitkan namanya di pasar musik Indonesia.

Karyanya yang terbaru adalah album kolaborasi yang mendaur ulang lagu-lagunya dan Dian Pramana Poetra. Album bertajuk Fariz RM & Dian Pramana Poetra in Collaboration With itu diluncurkan Oktober 2014 lalu. Maestro musik tanah air ini melibatkan sejumlah penyanyi muda seperti Citra Scholastika, Fatin Shidqia Lubis, dan Angel Pieters.

Hingga kini, pria berusia setengah abad ini, tercatat telah mengeluarkan 21 album solo, tiga album duet, 12 album grup, dan sebuah album kompilasi. Oleh karena itu, majalah Rolling Stones Indonesia menganugerahinya Rolling Stones The Immortals. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap karya-karya para legenda musik Tanah Air.(zha/tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs