Jumat, 19 April 2024

Pagi Ini, Puluhan Kru Suara Surabaya Ikuti Tes Swab Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Salah satu kru Suara Surabaya melakukan tes swab Covid-19 drive thru di RS Premier, Surabaya, Sabtu (2/5/2020). Foto: Baskorosuarasurabaya.net

Puluhan kru Suara Surabaya Media mengikuti tes swab Covid-19 di RS Premier Surabaya pada Sabtu (2/5/2020) pagi.

Tes swab yang digelar dengan model drive thru ini dimulai sekitar pukul 08.45 WIB. Nantinya, sebanyak 46 kru akan dibagi dalam beberapa kloter sampai pukul 11.00 WIB. Tes swab di RS Premier ini terbilang singkat. Hanya butuh kurang dari 10 menit untuk satu kali tes.

Errol Jonathans CEO Suara Surabaya Media mengatakan, tes swab pagi ini diprioritaskan bagi kru yang bertugas di lini produksi, seperti reporter, penyiar, tim media sosial, tim grafis dan lini kerja lain yang langsung berinteraksi dengan orang luar.

“Lini produksi ada dua. Pertama yang memang harus lapangan, seperti reporter dan yang bergerak di media sosial, video dan sebagainya. Kedua teman-teman yang tidak bisa bekerja dari rumah dan harus hadir di studio. Mereka di Suara Surabaya, sering berhadapan dengan narasumber atau bersinggungan dengan tamu-tamu sebagainya. Sehingga mereka yang diprioritaskan untuk kita tes,” ujar Errol.

Tes swab bagi karyawan, menurut Errol, adalah proses yang sangat penting untuk mengetahui peta kesehatan para karyawan di Suara Surabaya. Ini juga menjadi upaya antisipasi membuat Suara Surabaya menjadi tetap aman dari Covid-19.

Terpisah, dr. Hartono Tanto CEO RS Premier Surabaya mengatakan, hasil dari tes swab di rumah sakit ini bisa diketahui hanya dalam satu hari. Kuncinya, karena mereka memiliki ekstraktor otomatis.

Layanan dalam bentuk drive thru juga diyakininya lebih aman, karena waktu interaksi sangat cepat dan berada di luar ruangan. Sehingga, kemungkinan penularan antara pasien dan petugas medis lebih rendah.

“Sehingga apa yang harus kita lakukan, antisipasi apa saja yang harus dilaksanakan. Dengan begitu, ini menjadi proses untuk mengamanka Suara Surabaya sendiri dan memberikan kepastian-kepastian kondisi kita, SDM di SS itu seperti apa posisinya,” jelas Errol.

Sebagai informasi, selama kurang lebih satu bulan kebelakang, Suara Surabaya Media sudah menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di internal kantor. Salah satunya mewajibkan cek suhu, cuci tangan, sampai menyemprotkan disinfektan ke sudut-sudut ruangan kantor.

“Saya melihat swab ini akan jadi tahapan selanjutnya. Setelah melakukan proses tahapan mandiri, jalan sebulanan ini, kira-kira bagaimana kondisi kita. Karena bagaimanapun kita punya aktivitas di luar kantor. Saya lebih concern dengan aktivitas teman-teman di luar itu yang seperti apa. Karena di SS sudah ada proses pengamanan itu,” pungkasnya.(bas/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs