Minggu, 7 Juni 2020

Surabaya Friendship Club Sumbang APD dan Mamin untuk Bangkalan dan Probolinggo

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Komunitas Surabaya Friendship Club (SFC) berfoto bersama saat serah terima bantuan di Kantor Suara Surabaya Media, Sabtu (2/5/2020). Foto: Tina suarasurabaya.net

Para pengusaha, akademisi, maupun para profesional yang tergabung dalam Surabaya Friendship Club (SFC), menyumbangkan ratusan Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, dan ribuan makanan serta minuman, yang nantinya dibagikan ke rumah sakit, Puskesmas, Polsek, dan Koramil di Bangkalan dan Probolinggo.

Acara serah terima bantuan yang dilakukan oleh SFC kepada Kodim 0829 Bangkalan dan perwakilan dari RSUD Dr. Mohamad Saleh, Probolinggo tersebut dilakukan di Kantor Suara Surabaya Media, Sabtu (2/5/2020) siang.

Ribuan Alat Pelindung Diri (APD) dan perlengkapan medis yang akan diangkut dan dibawa ke Bangkalan dengan truk milik Kodim 0829 Bangkalan. Foto: Tina suarasurabaya.net

Dandy Sean Ketua SFC mengatakan, upaya pengumpulan donasi itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap para tenaga medis dan masyarakat umum, yang saat ini berjibaku melawan Covid-19.

“Akhirnya kita mengumpulkan dan mendapat 480 hazmat dan tambahan-tambahan lain seperti kopi, air mineral, susu, jamu, hand sanitizer, sarden hingga kacamata medis. Kita sudah tanyakan ke Tim Gugus Tugas Covid-19, APD ini sudah masuk kriteria untuk digunakan tenaga medis,” kata Dandy kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu siang.

Dandy Sean Ketua Surabaya Friendship Club saat berada di ruang on air Radio Suara Surabaya. Foto: Tina suarasurabaya.net

Selain APD, bantuan yang diberikan antara lain face shield sebanyak 240 buah; hand sanitizer sebanyak 5 galon, 4 jerigen dan 120 botol; 1 booth disinfektan; 10 kardus susu; 10 kardus tuna kaleng, 50 kardus air mineral; 100 kilogram beras; 100 karton kopi sachet; 12 karton jamu dan 100 makanan.

Dalam penggalangan dana tersebut, SFC berhasil mengumpulkan lebih dari Rp100 juta, yang sisanya akan dibagikan ke masyarakat terdampak dalam bentuk sembako.

“Kita mengumpulkan ada yang Rp500 ribu, ada yang Rp5 juta. Kita sudah dapat Rp100 juta lebih dan kita bagikan ke rumah sakit. Nanti sisanya kita bagikan dalam bentuk sembako kepada teman-teman yang tidak bekerja,” ujarnya.

Dr. Wenata Utama Solaiman, dokter RSUD Dr. Mohamad Saleh, Probolinggo mengatakan, bantuan tersebut sangat berharga mengingat di tempatnya, jumlah masker dan APD sangat menipis. Sehingga membuat kinerja tenaga medis tidak maksimal dan risiko terpapar virus lebih tinggi.

“Di Probolinggo memang baru ada empat kasus, tapi APD di sini (RSUD Dr. Mohamad Saleh, red) sangat kurang. Masker medis saja yang biasanya sehari ganti 4-5 kali, sekarang satu masker bisa sampai dipakai dua hari. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dari teman-teman semua baik secara materi maupun dukungan moral,” ujarnya.

Ribuan Alat Pelindung Diri (APD) dan perlengkapan medis yang akan dibawa ke Bangkalan dengan truk milik Kodim 0829 Bangkalan. Foto: Tina suarasurabaya.net

Begitu juga yang disampaikan oleh Kapten Arh Kristanto Danramil 0829/13 Arosbaya. Menurutnya, bantuan tersebut akan dibagikan ke rumah sakit, Puskesmas, Polsek, dan Koramil yang tersebar di Kabupaten Bangkalan.

Distribusi bantuan tersebut rencana akan dilakukan pada Senin (4/5/2020) besok, berkoordinasi dengan para camat atau kepala Puskesmas secara langsung. Dengan begitu, ia berharap bantuan dapat tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Komunitas Surabaya Friendship Club (SFC) berfoto bersama saat serah terima bantuan dengan personil Kodim 0829 Bangkalan di Kantor Suara Surabaya Media, Sabtu (2/5/2020). Foto: Tina suarasurabaya.net

“Mudah-mudahan apa yang bisa diberikan SFC melalui Kodim dapat bermanfaat untuk tenaga medis untuk menangani semakin banyaknya jumlah kasus positif (Covid-19). Semoga Bangkalan (kasusnya) bisa berkurang dan Covid-19 segera berakhir,” tutupnya.(tin/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Khoirul Asyhar Perdana

Potret NetterSelengkapnya

Kios Bensin di Lebak Jaya Utara Terbakar

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Surabaya
Minggu, 7 Juni 2020
25o
Kurs