Sabtu, 20 April 2024

122 Candi Ditemukan di Penanggungan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Jawa Timur akan lakukan penelitian terkait ditemukannya sebanyak 122 candi di sekitar kaki Gunung Penanggungan. Untuk melakukan penelitian, Jawa Timur bahkan akan minta bantuan langsung ke Presiden.

“Besok, Presiden akan ke Trowulan Mojokerto, dan saya akan memberitahu temuan ini sehingga beliau (presiden) bisa membantu menguak misteri ini,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, Kamis (2/1/2013). Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden pada Jumat (3/1/2013) besok memang akan mengunjungi situs Trowulan di Mojokerto.

Menurut Soekarwo, penelitian terhadap 122 candi ini nantinya akan membuka imperium besar yang bernah berdiri di Jawa Timur. Apalagi, hasil penelitian sementara sebanyak 122 candi yang ada di kaki gunung Penanggungan ini dipercaya dibangun jauh sebelum era Majapahit.

“Candi-candi itu dibangun pada tahun 700an masehi di era empu sendok,” kata Soekarwo. Candi-candi ini, kata Soekarwo, kelak akan disandingkan untuk memperkuat era kejayaan daerah Jawa Timur.

Selain 122 candi, Jawa Timur saat ini juga serius untuk membangun kembali sisa kejayaan Majapahit. Bahkan, kedatangan Presiden ke Mojokerto besok, dalam rangka hal ini.

Khusus Majapahit ini, pemerintah Jawa Timur bahkan sudah menetapkan kawasan seluas 11×11 km persegi sebagai kawasan cagar budaya. Bahkan di dalam kawasan itu, sebanyak 296 rumah warga saat ini sudah dibangun ulang menyerupai rumah-rumah era Majapahit.

Tak hanya itu, pada 2015 mendatang, Jawa Timur juga akan membangun Balairung Agung Majapahit di sekitar Trowulan. (fik)

Teks Foto :
– Gunung Penanggungan
Foto : kaskus

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs