Senin, 27 Mei 2024

195 Knalpot Brong di Kota Probolinggo Dimusnahkan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Polres Kota Probolinggo (Polresta Probolinggo) telah memusnahkan sebanyak 195 knalpot brong hasil razia yang digelar sejak 31 Desember 2013 pagi hingga saat malam perayaan tahun baru 2014.

”Razia knalpot brong yang kita gelar ini sejak sore sebelum malam tahun baru sampai saat malam perayaan tahun baru. Kita berhasil menyita 195 knalpot brong yang kemarin telah kita musnahkan,” kata AKP Mukhlason Kasatlantas Polresta Probolinggo pada suarasurabaya.net.

AKP Mukhlason juga mengatakan, pengendara sepeda motor yang didominasi anak muda ini telah menyerahkan berita acara bahwa mereka sanggup menyerahkan knalpot brong mereka dan menggantinya dengan knalpot standart.

“Yang banyak terjaring razia ini pemuda dan anak-anak. Mereka telah membuat pernyataan kalau akan mengganti knalpot brong dengan yang standart. Tapi kalau yang melanggar itu anak-anak maka yang membuat pernyataan itu orang tuanya,” ujar dia.

Pengendara sepeda motor yang memakai knalpot brong, kata dia, ternyata banyak pemuda-pemuda dari kampung-kampung yang mengaku belum tahu sosialisasi pelarangan pemakaian knalpot brong saat malam tahun baru.

Tak hanya pelanggaran knalpot brong, lanjut dia, juga ada pelanggaran-pelanggaran lain seperti kurang lengkapnya surat-surat atau kelengkapan kendaraan. Ada beberapa juga yang terjaring razia karena berboncengan tiga orang.

“Hampir di setiap sudut keramaian kota untuk merayakan tahun baru kita tempatkan petugas gabungan dari TNI, Dishub, Satpol PP, Sabhara, polisi lalu lintas, Reskrim dan anggota polisi yang berpakaian preman,” ungkap dia.

Penyebaran anggota gabungan ini, kata dia, diantaranya di lima titik keliling alun-alun kota Probolinggo, Pelabuhan Perikanan Pantai (P3), pusat hiburan dan gereja-gereja yang masih dijaga petugas.

“Menjaring pemuda yang memakai knalpot brong ini cukup mudah, karena alun-alun yang dibuat acara car free night banyak pemuda yang berlari ke arah P3 jadi saat lolos di alun-alun banyak petugas yang menunggu di sudut kota lainnya sehingga banyak yang terjaring,” pungkas dia. (dwi/ipg)

Teks Foto:
– Pemusnahan knalpot brong di Polresta Probolinggo.
Foto: @eppy_besar via twitter Suara Surabaya @e100ss

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs