Kamis, 9 April 2020

BNPB Tingkatkan Kapasitas Wartawan Dalam Peliputan Bencana

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan wartawan dalam peliputan bencana di Somerset Hotel, Selasa (15/5/2014).

Pelatihan yang digelar dengan tema “Peningkatan Kapasitas Wartawan Dalam Penanggulangan Bencana” dihadiri puluhan wartawan media cetak maupun elektronik di Jawa Timur, dan akan berlangsung selama tiga hari, Selasa – Kamis (15-17/4/2014) dengan materi teori dan praktik langsung di lapangan.

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB mengatakan, pihaknya rutin menggelar acara pelatihan seperti ini kepada wartawan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kebencanaan Sehingga terwujud kesamaan pemahaman dalam cara pandang terhadap upaya penanggulangan bencana.

“Saya prihatin, setiap terjadi bencana alam, masih saja ada wartawan yang menjadi ikut menjadi korban. Harapan saya, wartawan ini memiliki kemampuan dalam peliputan bencana, sehingga dapat bekerja dengan baik bersama BNPB. Tidak malah menambah jumlah korban. Terakhir, wartawan jadi korban letusan gunung Sinabung,” kata Sutopo saat membuka pelatihan, Selasa (15/4/2014).

Dia menambahkan, narasumber yang menyampaikan materi untuk pelatihan wartawan ini, orang-orang berkompeten di bidangnya. Selain itu, peserta pelatihan ini juga akan mempraktikkan langsung teori-teori yang sudah disampaikan para narasumber.

“Besok semua peserta akan praktik langsung bagaimana memposisikan diri saat bertugas meliput terjadinya bencana, tempatnya di Wisata Bahari Lamongan, Jatim,” ujarnya.

Sekadar diketahui, selain hadir puluhan wartawan sebagai peserta, acara yang diselenggarakan oleh BNPB ini, juga dihadiri oleh Sudarmawan Kepala Pelaksana BPBD Jatim, dan Ahmad Munir ketua PWI Jatim, keduanya sekaligus sebagai narasumber dalam pelatihan. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Para wartawan saat mendapatkan materi seputar dasar tanggap bencana.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Tol arah Ngawi KM 669

PJU roboh di Flyover Waru

Kecelakaan di bawah Layang Waru

Banjir di Blega, Bangkalan

Surabaya
Kamis, 9 April 2020
27o
Kurs