Kamis, 25 April 2024

Daya Tarik Jawa di Kota Bangkok

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Kampung Jawa yang terletak di kota Bangkok atau Propinsi Janawa Sathon, memberikan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Kenapa demikian, karena penduduk yang tinggal di Kampung ini adalah orang-orang keturunan Jawa asli yang menikah dengan penduduk Thailand.

Lalu kenapa dimanakan Kampung Jawa, ternyata karena tanah yang mereka tempati ini milik seorang saudagar asal Kendal Jawa Tengah yang pulang balik Indonesia – Bangkok untuk berdagang.

Kala itu, Raja keempat Thailand memperbolehkan orang asing membeli tanah di Bangkok. Kebijakan inilah yang kemudian dimanfaatkan seorang saudagar asal Kendal yang masih kerabat KH Akhmad Dahlan, pendiri Muhamadiyah untuk membeli tanah disana.

Ny Rambai Cicit KH Amad Dahlan warga Kampung Jawa, pada Suarasurabaya.net menceritakan kampung itu saat ini dihuni sekitar 2000 warga. Dilengkapi dengan fasilitas umum seperti sarana pendidikan, Masjid, pertokoan dan makam Islam.

Penduduk di Kampung Jawa memiliki bermacam profesi mulai dari pedagang, guru sampai pegawai negeri. Kampung Jawa dipimpin KH Amin Bin H Soleh yang sekalIgus menjadi Imam masjid Jawa. Di tempat inilah warga sehari-hari berkumpul, selain juga untuk melakukan sholat jamaah.

Mereka sampai saat ini, hidup berdampingan secara damai dengan penduduk Thailand lainnya. Diantara mereka hanya beberapa orang saja yang fasih berhasa Indonesia, selebihnya lebih akrab dengan bahasa Thai dan Inggris.

Ketika tiba di Kampung Jawa bersama siswa dan Musyawarah Kerja Kepala MAN se-wilayah Surabaya, mereka menyambut akrab, dan menganggap semuanya keluarga sendiri yang datang dari tanah leluhur di Jawa.

Setelah sholat Magrib di Mosque Jawa yang telah berumur sekitar 175 tahun ini, rombongan dijamu makan malam dengan masakan khas Jawa, seperti gule, bergedel, sambal dan lalapan, serta dawet minuman khas jawa.

” Makan malam bersama seperti ini menjadi kebiasaan kami untuk menyambut saudara kami yang dari Jawa,” kata Ny Mbai yang pernah bekerja di kedubes Indonesia di Thailand.

Warga Kampung Jawa ingin setiap orang indonesia yang ke Thailand, mampir ke kampungnya agar hubungan kekerabatan dengan moyang mereka dari Jawa tidak hilang. (jos/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs