Rabu, 19 Januari 2022

Ilmuwan Brasil Berhasil Merekam Percakapan Penyu Sungai

Laporan oleh Triono
Bagikan

Para ilmuwan di Brasil mengklaim berhasil menguping percakapan yang dilakukan sejumlah penyu sungai.

Tim peneliti, termasuk peneliti dari Wildlife Conservation Society (WCS) dan National Institute of Amazonian, menggelar studi ini di Rio Trombetas di Amazon antara 2009 dan 2011 dengan menggunakan mikrofon dan hydrophone bawah air untuk merekam lebih dari 250 suara penyu-penyu tersebut.

Hasil rekaman mereka mengungkapkan bahwa penyu-penyu tersebut tampak mengobrol dan berkomunikasi satu sama lain ketika musim bersarang.

Seperti dilansir BBC, Senin 18/8/2014), para ilmuwan kemudian menganalisa suara-suara itu dan membaginya menjadi enam jenis, menghubungkan setiap kategori dengan perilaku tertentu.

“Mereka menggunakan setidaknya enam suara yang berbeda. Ini termasuk obrolan antara penyu betina dengan anak-anaknya,” kata Victoria Gill wartawan Iptek BBC.

Menurut Dr Camila Ferrara dari WCS Brazil mengatakan, tim ilmuwan berfikir penyu-penyu tersebut bertukar informasi saat musim bersarang, tapi apa yang mereka percakapkan memang tidak jelas.

“Rekaman percakapan di antara para penyu ini menggambaran bahwa kehidupan sosial mereka lebih rumit ketimbang diperkirakan sebelumnya,” tambah Camila.(bbc/ono/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
25o
Kurs