Selasa, 30 April 2024

Independence Day, Konjen Amerika Serikat Keliling Jatim

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Merayakan Independence Day ke 238 tahun, Konjen AS di Surabaya mengadakan roadshow ke sejumlah kota di Jatim selama sepekan, dari tanggal 14-20 Juni 2014, untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Amerika.

“Kami mengunjungi berbagai lokasi yang punya nilai sejarah dan budaya, mencoba makanan baru, bertemu ratusan warga dan mempromosikan nilai yang dijunjung tinggi bersama oleh Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Joaquin F. Monserrate, Konsul Jenderal AS, Selasa (24/6/2014).

Disetiap kota yang dikunjungi, Joaquin mengaku menggunakan tema-tema khusus, seperti Community Service di Malang, pendidikan tinggi di Blitar, investasi usaha di Madiun, pemberdayaan perempuan di Ngawi hingga lomba bertajuk Madura Idol di Bangkalan.

“Kegiatan ini sangat hebat. Kami menggunakan bus independence roadshow bersama jajaran di konjen dan bertemu warga di penjuru distrik kami. Merasakan keramahan, mengenal budaya dan memiliki pengalaman tak terlupakan. Saya sungguh menikmatid an tak sabar untuk melakukannya lagi,” ungkap Joaquin tentang kesannya selama roadshow.

Kemudian, untuk acara puncaknya ialah perayaan di kantor Konjen AS, Jalan …., hari ini, Selasa (24/6/2014) dan dihadiri ratusan tamu seperti walikota, bupati dan lain sebagainya. Bahkan Robert O. Blake, Duta Besar AS untuk Indonesia turut hadir. Ia mengaku gembira dan ingin mendengar pengalaman tim Independence Roadshow.

Peringatan kemerdekaan Amerika Serikat di Seluruh Indonesia memang sengaja dimajukan dari tanggal seharusnya. Hal ini untuk menghormati masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. (ain/tok)

Teks Foto:
– Dubes AS berfoto bersama Konjen AS Surabaya dan tamu di pesta perayaan kemerdekaan
Foto: Nia suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs