Senin, 29 April 2024

Inilah Ruang Khusus MERS di RSU Dr Soetomo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo Surabaya siapkan sebanyak lima ruang khusus untuk penderita virus Middle East Respiratory Syndrome atau virus MERS.

Pantauan suarasurabaya.net, ruang isolasi khusus ini dibangun di sebuah gedung yang berada paling pojok sisi Timur Laut dari RSU Dr Soetomo atau bersebelahan dengan Ruang Irna Anak.

Didesain menyendiri, ruang isolasi ini terpisah dengan ruang-ruang perawatan lainnya. Untuk masuk ke dalam, beberapa pintu khusus kedap udara juga dipasang. Bahkan sebelum masuk ke pintu utama sebuah pintu terali besi juga dipasang menandakan tidak sembarang orang boleh masuk ke ruangan itu.

Di depan pintu utama, tenaga keamanan juga langsung melarang siapapun yang hendak masuk ke dalam. “Ruang-ruang isolasi ini awalnya didesain untuk isolasi virus flu burung,” kata Nur Fatimah, Kepala Ruang Isolasi RSU Dr Soetomo Surabaya, Jumat (9/5/2014).

Meski begitu, kata Nur Fatimah, beragam penyakit yang membutuhkan ruang isolasi termasuk untuk virus MERS, tetap bisa diisolasi di ruangan itu.

Ruang isolasi di RSU Dr Soetomo setidaknya dilengkapi dengan lima kamar yang masing-masing berisi dua tempat tidur. Dari lima ruang, dua ruang merupakan kamar khusus ICU yang dilengkapi fentilator, lantas tiga ruang merupakan kamar biasa tanpa fentilator. Dua kamar khusus dengan fentilator adalah ruang bagi penderita yang harus diisolasi penuh.

Sebuah televisi dan kamar kecil juga melengkapi setiap ruang isolasi sehingga pasien tetap bisa menjalankan aktifitas sendiri di dalam kamar itu. Beberapa kamera CCTV juga terpasang di seluruh ruangan sehingga pemantauan pasien bisa langsung dilakukan di ruang terpisah.

Menurut Nur Fatimah, seluruh dokter dan perawat di ruang ini, terdiri dari beragam disiplin keilmuan yang rata-rata adalah para dokter spesialis paru, mikrobiologi, anastesi, serta dokter spesialis penyakit dalam lainnya.

“Mereka juga telah dibekali pengetahuan serta peralatan khusus sehingga tak sampai tertular virus,” kata Nur Fatimah.

Sementara itu hingga saat ini, belum ada satupun penderita virus MERS yang dirawat di ruang itu. Untuk saat ini, dari lima ruang yang disediakan, hanya terisi satu yaitu pasien penderita virus corona. (fik/ipg)

Teks Foto :
– Ruang khusus isolasi MERS di RSU Dr Soetomo.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs