Senin, 20 Mei 2024

Kemenhan Salurkan Bantuan Rp1 Miliar Untuk Kelud

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Kementerian pertahanan menyalurkan bantuan Rp1 miliar bagi korban letusan Gunung Kelud. Secara simbolik bantuan diserahkan secara langsung oleh Sjafrie Sjamsoeddin, Wakil Menteri Pertahanan kepada Mayjen TNI R Ediwan Prabowo, Panglima Kodam V/Brawijaya, Selasa (11/3/2014).

“Bantuan kami rupakan dalam bentuk enam ribu paket sembako. Tiap paket berisi 11 macam kebutuhan pokok,” kata Sjafrie Sjamsoeddin, usai menyerahkan bantuan di markas Kodam V/Brawijaya.

Menurut Sjafrie, bantuan ini merupakan bagian dari bentuk kepedulian untuk meringankan beban warga korban letusan Gunung Kelud di tiga daerah Kediri, Blitar dan Malang.

Bantuan sendiri selanjutnya langsung dibawa ke Kediri, Blitar dan Malang dengan menggunakan belasan truk milik Kodam V/Brawijaya.

Di tempat yang sama, Mayjen TNI R Ediwan Prabowo mengatakan perbaikan bagi 14.600 rumah rusak akibat letusan Gunung Kelud saat ini sudah selesai.

“Kami menyebutnya pemulihan kondisi, dan pada hari minggu (9/3/2014) sudah selesai,” kata Ediwan. Meski begitu, saat ini TNI tetap membantu proses pemulihan lanjutan yaitu pemulihan infrastruktur umum seperti gedung sekolah, rumah ibadah, jaringan air bersih serta jaringan listrik.

Untuk pemulihan infrastruktur ini, masing-masing kodim, kata Ediwan, menerjunkan sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK).

Ediwan mengatakan, seluruh pengungsi korban letusan Gunung Kelud juga sudah pulang ke rumahnya. Mereka mayoritas masih kekurangan pasokan kebutuhan pokok karena ladang pertanian warga hingga kini juga masih rusak.

Pemerintah, kata Ediwan, hingga saat ini juga masih terus memberikan pasokan bantuan bagi warga hingga tiga bulan ke depan. (fik)

Teks Foto :
-Sjafrie Sjamsoeddin, Wakil Menteri Pertahanan (baju coklat tengah) menyerahkan bantuan kepada seorang tentara di Markas Kodam V/Brawijaya.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
25o
Kurs