Minggu, 19 Mei 2024

Konsumsi Air di Surabaya Memprihatinkan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Konsumsi air masyarakat Kota Surabaya yang mencapai 180 liter perhari per orangnya sangat memprihatinkan. Bahkan, rencana pengoprasian air dari mata air unggulan yang berada di Pasuruan hingga saat ini juga tidak ada kejelasan.

Ashari Mardiono Direktur Utama PDAM Surabaya kepada suarasurabaya.net, Kamis (18/12/2014) mengatakan, untuk mata air unggulan yang ada di Pasuruan, hingga saat ini pihak PDAM hanya diberikan izin untuk mengalirkan air sebanyak 110.000 liter kubik perdetik.

“Total 110 ribu liter kubik perdetik ini bahkan, tidak mengalir sampai ke Surabaya. Karena mata air unggulan ini sudah habis dan tidak bisa mengalir lagi setelah dari Sidoarjo,” katanya.

Menurutnya, penambahan pasokan mata air ini, masih belum ada kejelasan dari Pemprov Jatim.

“Mata air unggulan itu sebenarnya saya tidak bisa menjawab, karena itu kewenangannya provinsi dan pemerintah pusat,” kata Ashari.

Sementara, akibat konsumsi air 180 liter perhari per orangnya selama tahun 2014, PDAM Kota Surabaya telah menggelontorkan air sebanyak 214 juta meter kubik pertahun. Padahal, jika masyarakat berhemat, maka suplai air dari PDAM Surabaya dapat mengalir ke seluruh rumah yang ada di Surabaya.

Sekadar diketahui, jumlah pelanggan PDAM Surabaya saat ini sebanyak 525.000 pelanggan atau 92 persen dari total penduduk Surabaya.(fik/ono)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
30o
Kurs