Kamis, 25 April 2024

Lahar Dingin, Gus Ipul Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf wakil Gubernur Jawa Timur, Rabu (19/2/2014) bertepatan dengan hari ke 7 pasca letusan Gunung Kelud, mengingatkan warga masyarakat sekitar daerah bencana untuk tetap waspada.

”Gunung Kelud memang berangsur-angsur menurun dan kondisinya semakin kondusif. Tapi warga masyarakat di kawasan bencana Gunung Kelud sampai hari ini diharapkan tetap harus waspada,” ujar Gus Ipul pada Radio Suara Surabaya, Rabu (19/2/2014).

Hingga saat ini, seiring dengan mulai mengalirnya lahar dingin, Gus Ipul juga mengingatkan kepada warga masyarakat untuk tidak berada di area-area dekat dengan sungai atau berada di hulu sungai.

“Seiring dengan mulai turunnya lahar dingin, kami mengingatkan kembali kepada warga masyarakat untuk tidak berada di kawasan-kawasan dekat sungai, atau di sekitar hulu sungai, tetap waspada,” tambah Gus Ipul.

Terkait dengan para pengungsi di lokasi-lokasi pengungsian, Gus Ipul meyakini bahwa warga pengungsi cukup kooperatif dan patuh dengan setiap imbauan petugas keamanan, TNI maupun anggota Basarnas.

“Istilah saya warga yang mengungsi ini sangat khusuk. Mereka patuh dan tenang dengan peristiwa ini. Kalau mereka berpindah-pindah lokasi pengungsian itu mungkin saja karena mereka mencari lokasi yang nyaman, atau mungkin mencari kerabat dan teman-teman. Jadi masih kooperatif kok,” pungkas Gus Ipul.

Sementara itu, Rabu (19/2/2014) siang ini dijadwalkan digelar rapat koordinasi di Kantor BPBD Provinsi Jatim terkait bencana Gunung Kelud, oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jawa Timur, serta sejumlah pejabat atau institusi lainnya membahas rekonstruksi pasca bencana.(tok/ipg)

Teks Foto :
– Lahar dingin di wilayah Kecamatan Puncu yang memutus jalan desa di wilayah tersebut, Selasa (19/2/2014).
Foto : Kompol Alfian Nurrizal, SIK, Wakapolres Kediri untuk suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs