Sabtu, 18 Mei 2024

Lumpur Panas Merembes Dari Bawah Tanggul di Desa Gempolsari

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Lumpur panas terpantau meluber dari bawah tanggul Lapindo di desa Gempolsari, Sidoarjo dengan lebar 2 meter.

Sulastri Warga Gempolsari Tanggul Lumpur Lapindo pada Radio Suara Surabaya mengatakan, luberan lumpur panas yang mengeluarkan asap ini terpantau merembes dari bawah tanggul sejak pukul 06.00 WIB.

“Tadi pagi waktu saya masak saya buka pintu belakang sudah ada lumpur panas. Tapi saya tengok tanggul tidak jebol tapi merembes dari bawah tanggul lebarnya 2 meteran,” kata dia.

Kata Sulastri, luberan itu sepertinya berasa dari tanggul yang pada 2012 lalu pernah jebol. Selain rumahnya yang hanya berjarak 500 meter dari luberan lumpur, ada 20 rumah lainnya yang juga dekat dengan lokasi luberan lumpur panas.

Usai melihat ada luberan yang mendekati rumahnya, Sulastri langsung menghubungi pihak BPLS. Namun pihak BPLS masih belum bisa memastikan tindakan apa yang akan diperbuat karena selama ini aktivitas perbaikan dihalangi oleh warga sekitar.

“Saat ini di atas tanggul banyak orang yang melihat lokasi termasuk BPLS dan dari Polres Sidoarjo. Tapi saya tidak tahu mereka akan berbuat apa,” ujar dia.

Kata Sulastri, dia beserta warga di 20 rumah lainnya akan dievakuasi ke balai desa jika kondisi darurat. Namun dengan rencana itu pihaknya keberatan karena khawatir tidak ada yang bertanggung jawab jika mereka dievakuasi ke balai desa.

“Kita bingung mau pindah ke mana karena kita juga tidak punya uang. Jadi kita masih bertahan di rumah meskipun kami juga merasa was-was dan panik,” tambah dia. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs