Minggu, 25 Februari 2024

Mengenal Opera Beijing Lewat Festival Topeng

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Opera Beijing secara khusus mengenakan topeng yang merupakan karakter. :Foto: pandamediablog

Warna merah dengan dominasi paling banyak pada sebuah topeng, satu diantara topeng yang dipamerkan di Lenmarc Mall Surabaya, ternyata memiliki makna berbeda dengan topeng lain yang juga memiliki warna yang sama. Masing-masing warna memiliki arti pada sebuah topeng.

Demikian juga dengan warna hitam dan kuning, pada topeng-topeng yang dipamerkan dalam rangka Mooncake Festival atau Festival Kue Bulan, masing-masing memiliki arti. Karena topeng-topeng yang biasa dikenakan dalam Opera Beijing ini memang merupakan perwakilan karakter pemerannya.

“Warna merah memiliki arti: keberanian, kejujuran, kesetiaan, dan dikenal dengan sebutan Guan Yu. Sedangkan warna hitam bermakna, kekasaran, keganasan, atau biasa disebut Zhang Fei. Demikian juga dengan warna-warna lainnya memiliki makna dan arti tersendiri,” terang Lian Yu panitia pameran Mooncake Festival.

Menurut Lian Yu, topeng-topeng khas dalam Opera Beijing dalamsejarahnya sudah digunakan sejak 200 tahun lebih, asal usulnya dapat ditelusuri pada beberapa opera daerah yang bersejarah lama, khususnya Huiban, opera daerah yang populer di Tiongkok Selatan pada abad ke-18.

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, opera Beijing terbentuk melalui proses pembauran selama puluhan tahun, dan menjadi jenis opera yang terbesar Tiongkok. Opera Beijing adalah jenis opera nomor satu di Tiongkok dengan paling banyak artis terkenal, paling banyak rombongan pertunjukan dan penonton, serta paling luas pengaruhnya.

“Opera Beijing adalah seni pertunjukan komprehensif yang memadukan seni vokal, dialog, akting, silat dan tari, menuturkan cerita dan melukiskan tokoh dengan cara pertunjukan menurut aturan tertentu,” terang Lian pada suarasurabaya.net.

Dalam Festival Topeng memeriahkan Mooncake Festival di Lenmarc Mall Surabaya, ditegaskan Lian Yu adalah upaya memperkenalkan topeng yang menjadi bagian dari Opera Beijing yang cukup ternama dan dikenal masyarakat dunia.(tok/ipg)

Teks foto:
-Topeng dalam Opera Beijing yang menjadi ciri khas.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs