Selasa, 23 April 2024

PM Malaysia Minta Keadilan Atas MH17

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Najib Razak Perdana Menteri Malaysia menuntut keadilan segera diterapkan terhadap mereka yang bertanggung jawab jika pesawat Malaysia yang jatuh di Ukraina dipastikan terkena tembakan.

Ketika membacakan pernyataan dalam jumpa pers pada Jumat (18/7/2014), Najib mengatakan Malaysia belum dapat memastikan apa penyebab pesawat itu jatuh ketika sedang dalam penerbangan dari Amsterdam menuju ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.

Yang pasti, pesawat itu tidak melakukan panggilan darurat.

Seperti melansir Antara, dalam pembicaraan dengan Barack Obama Presiden Amerika Serikat, Najib sepakat para penyelidik harus mendapatkan akses penuh ke lokasi jatuhnya pesawat.

“Pihak-pihak berwenang Ukraina meyakini bahwa pesawat itu jatuh ditembak,” kata Najib dalam sebuah pernyataan.

“Namun demikian, pada tahap ini, Malaysia tidak dapat memastikan penyebab tragedi ini. Tapi kami harus dan akan menemukan apa yang sebenarnya terjadi terhadap penerbangan ini.”

“Jika tersingkap bahwa pesawat tersebut memang jatuh ditembak, kami bersikeras bahwa para pelaku kejahatan harus diadili.”

Ia juga mengatakan Malaysia sedang mengirimkan penerbangan khusus ke Kiev dengan bantuan penanganan bencana serta tim penyelamat. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs