Kamis, 16 Mei 2024

Pemerintah Pusat Dukung MRT Surabaya

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Pemerintah Pusat akan memberikan dukungan pada proyek transpotasi terpadu Mass Rapid Transit (MRT) yang sedang dimatangkan Walikota Surabaya bersama intansi terkait.

Dukungan itu dalam bentuk pendanaan dan teknis. Sehingga proyek ini nantinya akan melibatkan beberapa Kementerian seperti PU, Perhubungan dan Keuangan.

Chatib Basri Menteri Keuangan padasuarasurabaya.net, Rabu (13/8/2014) mengatakan, sudah ada pembicaraan dengan tim yang dibentuk Walikota Surabaya.

Pusat sekarang menunggu apa keinginan dari Walikota Surabaya. Karena dalam proyek transpotasi terpadu ada beberapa pilihan dengan segala konsekuensinya.

“Dari pilihan itu, akan diketahui kisaran biayanya. Kemampuan Surabaya berapa dan pusat berapa, perlu cari investor baru lagi atau tidak,” kata Menteri Keuangan.

EE Mangindaan Menteri Perhubungan menjelasan, agar tidak kedodoran di kemudian hari untuk mempersiapkan angkutan massal terpadu seperti yang sedang digagas. Walikota Surabaya merupakan sebuah keniscayaan sebagai upaya untuk mencegah kemacetan.

Choirul Tanjung Menko Ekonomi melihat MRT bukan sekadar transportasi tapi lebih dari itu mempunyai arti penting dalam bidang ekonomi.

Berapa kerugian yang timbul kalau setiap hari arus lalu lintas macet berjam-jam akibat buruknya traffic engginering. Costnya pasti lebih besar.

“Saya sudah bicara dengan Bu Risma Walikota Surabaya kalau proyek MRT ini harus terwujud!” kata Choirul Tanjung di Istana Negara. (jos/dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs