Selasa, 31 Maret 2020

Pengusaha Surabaya Siap Kembangkan Kawasan Bisnis Terpadu

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Para pengusaha di Surabaya siap mengembangkan Kawasan Bisnis Terpadu atau Central Business District (CBD) yang digagas Pemkot Surabaya.

Kesiapan para pengusaha ini diungkap dalam rapat yang digelar bersama Sekkota Surabaya, di Balai Kota Surabaya, Rabu (30/4/2014).

Sutandi Purnomosidi Direktur Pemasaran Pakuwon Group mengatakan, untuk pengembangan Kawasan Bisnis Terpadu, perusahaannya dipastikan siap untuk mendukung langkah pemkot. “Sekarang ini yang perlu dipastikan lokasi dari kawasan itu perlu dipastikan lebih dulu, meski terkesan lambat, tapi semua itu pasti untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Dikatakan Sutandi, dengan adanya Kawasan Bisnis Tertpadu itu, selain akan memecah masalah di pusat kota, juga akan memeratakan perputaran ekonomi di wilayah lain di Surabaya. “Kalau selama ini semua urusan bisnis selalu ada pusat kota, diharapkan dengan CBD ini, akan ada perputaran ekonomi yang merata untuk Surabaya di semua wilayah,” paparnya.

Soal rencana perusahaannya mengembangkan kawasan bisnis di wilayah pinggiran Surabaya, Sutadi mengatakan, bisa saja itu dilakukan asal ada permintaan dari masyarakat.

Menurut Sutandi, pengembang akan membangun sebuah kawasan bisnis berdasar survey pasar, kalau memang layak dilakukan pembangunan, maka para pengembang pasti juga akan membangun di kawasan yang sesuai.

Sementara itu Hendro Gunawan Sekkota Surabaya mengatakan, Pemkot Surabaya rencananya akan mengembangkan Kawasan Bisnis Terpadu di Surabaya Pusat dan Barat. “Proses pembahasannya memang lama, karena perlu dikoordinasikan juga soal dampak pembangunan pusat kawasan bisnis terpadu dengan rute penerbangan pesawat, yang harus dikoordinasikan dengan Kementrian Perhubungan,” jelas Hendro.

Hendro mengatakan, diharapkan dengan koordinasi yang terus dilakukan antara pemkot dengan para pengembang, realisasi pembangunan Kawasan Bisnis Terpadu itu bisa segera diwujudkan di Surabaya. (tas/rst)

Teks Foto :
– Pertemuan Pemkot Surabaya dengan pengusaha di Balai Kota Surabaya, Rabu (30/4/2014).

Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
27o
Kurs