Jumat, 10 Mei 2024
Latihan Gabungan TNI 2014

Ribuan Warga Dievakuasi, Antisipasi Peluru Nyasar

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Sekitar seribu warga di sekitar pantai Banongan, kecamatan Banyuputih, Situbondo, Rabu (4/6/2014) sekitar pukul 04.00 WIB, dievakuasi untuk menghindari peluru nyasar saat penembakan roket dan senjata artileri kampanye militer Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2014.

Tembakan penghancuran mulai dilakukan sekitar pukul 06.30 WIB, untuk memecah kekuatan lawan dengan menggunakan meriam Howitzer 105 mm dan roket multi laras RM 70 Grad dari pantai Banongan ke arah sasaran di darat yang berjarak 8.500 meter.

Data yang berhasil dihimpun suarasurabaya.net, warga Desa yang dievakuasi diantaranya Desa Sukorejo, dan Desa Sekar Putih. Dua desa tersebut menjadi daerah yang dilintasi roket yang diluncurkan. Jumlah warga yang dievakuasi terdiri dari warga Dusun Melik 19 rumah atau kurang lebih 57 jiwa, Dusun Sumberejo I sebanyak 15 rumah sekitar 45 jiwa, Dusun Sumberejo II 20 rumah sekitar 60 jiwa, Dusun Sumberejo III 26 rumah sekitar 78 jiwa. Keempat warga dusun tersebut dievakuasi menuju titik kumpul pertama yang berada di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Banyu Putih.

Sementara untuk titik kumpul kedua di Masjid Sekar Putih digunakan untuk mengevakuasi warga Dusun Bendera I sebanyak 19 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 57 jiwa, Dusun Bendera II 21 KK sekitar 63 jiwa, Dusun Bendera III 35 KK sekitar 105 jiwa, Dusun Sekar Putih Selatan 15 KK sekitar 45 jiwa.

Sedangkan 215 KK warga Dususn Pondok Langger dievakuasi ketitik kumpul ke tiga yang berada di sekitar Perusahaan Daerah Perkebunan Banongan, Desa Ringin Anom, kecamatan Asembagus, Situ Bondo.

Untuk keamanan warga yang berada di garis lintasan tembak, TNI AL bersama dengan instansi terkait termasuk Kodim dan Koramil Banyu Putih melaksanakan evakuasi penduduk yang berada di radius dua hingga tiga kilometer dari tempat penembakan.

TNI AL dalam hal ini Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, mengerahkan 10 truk angkut personel ditambah dengan 10 truk dari Dirlatgab dibantu 14 kendaraan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo untuk mengevakuasi warga. (wak/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs