Minggu, 5 Mei 2024

Survivor Tandai 8 Tahun Luberan Lumpur Panas Lapindo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Lebih dari 100 patung yang diberi nama Survivor, berbentuk putih dengan posisi menengadahkan tangan di depan dada, mulai Senin (26/5/2014) dipasang ditanggul titik 21 Desa Siring, Porong Sidoarjo, sebagai pertanda 8 tahun luberan lumpur panas Lapindo.

Dadang Christanto seniman pembuat Survivor menyampaikan bahwa ke 110 patung karyanya itu memang merupakan bentuk keprihatinan sekaligus pengumuman kepada masyarakat dunia bahwa hingga saat ini, setelah 8 tahun luberan lumpus panas di Porong tersebut masih ada para survivor.

“Survivor adalah mereka yang tetap berjuang, tetap bertahan, demi hak-hak dan miliknya yang telah direbut, dirampas paksa oleh lumur panas itu. Hingga saat ini setelah 8 tahun berlangsung, mereka ini masih ada. Masih bertahan ditengah keterpurukan, keprihatinan,” kata Dadang.

Ditemui sedang menempatkan para Survivor di atas titik 21 Desa Siring, Dadang kepada suarasurabaya.net, menambahkan bahwa hingga 29 Mei 2014 mendatang, patung-patung itu menempati kawasan bekas perkampungan Desa Siring yang kini terkubur dalam lumpur.

“Mereka inilah yang hingga hari ini masih bertahan. Dan mereka juga yang akan bercerita pada dunia tentang persoalan ini. Tentang peristiwa ini. Nantinya, setelah 110 patung itu ada di luberan lumpur, ditangan mereka kami tempatkan berbagai barang sebagai artefak kisah luberan lumpur panas ini,” tegas Dadang Christanto, Senin (26/5/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
– Patung Survivor karya Dadang Christanto tandai 8 tahun lumpur Lapindo.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs