Senin, 20 Mei 2024

Swiss dan Kanada Kepincut Penanganan Kelud

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Swiss dan Kanada mengundang secara khusus Pemerintah Jawa Timur untuk memaparkan keberhasilannya dalam menangani Erupsi Gunung Kelud.

”Secara khusus Swiss minta saya datang ke sana untuk memaparkan apa yang telah dilakukan saat Erupsi Kelud,” kata Soekarwo, di sela-sela menerima perwakilan presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara, di Grahadi, Senin (14/4/2014).

Menurut dia, undangan ini disampaikan langsung oleh Ketuaan Besar Swiss saat berkunjung ke Grahadi beberapa waktu lalu. Hal yang sama, juga dikatakan Kedutaan Besar Kanada di Jakarta ketika menemuinya di Grahadi.

Dua negara ini, kata Soekarwo, kepincut penanganan erupsi Gunung Kelud. Erupsi yang dinilai cukup dasyat, ternyata tak menelan korban jiwa.

Padahal, total pengungsi mencapai 12 ribu yang tersebar di tiga Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang. “Mereka ingin meniru penanganan bencana seperti yang kami lakukan,” ujarnya.

Soekarwo mengatakan, penanganan Erupsi Kelud sukses berkat kerjasama semua pihak. Pemerintah daerah sendiri saat itu juga langsung bergerak tanpa menunggu komando dari pusat.

“Sinergi dari TNI dan Polri juga terjadi dengan cepat dan gotong royong sehingga penanganan bisa berjalan cukup baik,” kata dia. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Gunung Kelud pasca erupsi Februari 2014 lalu.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs