Selasa, 28 Mei 2024

Tujuh Siswa Tunanetra Ujian Sekolah SD Tanpa Kendala

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Tanpa kendala berarti, 7 siswa tunanetra mengikuti ujian sekolah Senin (19/5/2014) dan dapat menuntaskan seluruh mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan di SDLB A YPAB Surabaya.

“Mereka sebelumnya memang sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian sekolah yang mulai digelar pada Senin (19/5/2014) ini. Ada 7 siswa kami yang mengikuti ujian sekolah,” terang Nurul Gimawati SPd, kepala SDLB A YPAB Surabaya.

Dimulai menjelang pukul 07.30 WIB, ujian sekolah SD tahun 2014 dijadwalkan berlangsung hingga 21 Mei 2014 mendatang. Seluruh siswa SDLB A YPAB Surabaya yang seluruhnya tunanetra, khusus untuk kelas 6 bersiap ikuti US SD.

Masing-masing siswa didampingi petugas yang membantu siswa untuk mengisi lembar jawaban. Sedangkan satu diantara guru, membacakan soal-soal ujian yang menggunakan huruf Braille.

“Petugas memang hanya membacakan sosal-soal ujian dengan menggunakan huruf Braille. Sedangkan siswa hanya mengisikan jawaban pilihan pada lembar jawaban masing-masing. Petugas yang membacakan soal ujian di depan kelas,” terang Nurul Gimawati pada suarasurabaya.net.

Hingga waktu ujian usai, seluruh siswa ternyata mengaku dapat menjawab soal-soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia yang menjadi mata pelajaran ujian sekolah pada hari pertama ujian sekolah SD.

“Semua saya jawab. Soalnya pilihan jawabannya mudah dipahami. Tadi juga kalau soalnya membingungkan bisa minta diulang lagi dibacakan. Sepertinya tidka ada masalah,” ujar Rina Puspita satu diantara siswa SDLB A Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya, Senin (19/5/2014).(tok/dwi)

Teks foto:
– Siswa tunetra ikut ujian sekolah SD.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
30o
Kurs