Selasa, 23 April 2024

Upacara Kesaktian Pancasila Ditutup Ikrar Kesetiaan Pada Pancasila

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Puncak peringatan hari Kesaktian Pancasila di Kompleks Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur digelar pada Rabu (1/10/2014).

Bertindak sebagai inspektur upacara Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI. Dalam upacara ini hadir pula seluruh anggota DPR RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) baru periode 2014-2019 yang akan dilantik pukul 11.00 WIB.

Susilo Bambang Yudhoyono memberikan apresiasi kepada seluruh undangan dan para peserta upacara termasuk anak-anak dari musik yang turut memeriahkan kegiatan ini.

Puncak peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ditutup dengan ikrar kesetiaan pada Pancasila yang dibacakan oleh Marzuki Alie Ketua DPR RI. Berikut ikrar kesetiaan pada Pancasila:

“Dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa, Kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada kenyataannya telah banyak terjadi rong-rongan baik dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan RI. Bahwa rong-rongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kejahatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang didasari oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya persatuan RI”.

Susilo Bambang Yudhoyono kemudian diminta meninggalkan tempat upacara menemui beberapa pengiring musik yang turut memeriahkan hari Kesaktian Pancasila ini. Presiden mengatakan kepada siswa SMA se-Jakarta bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.

Sementara itu, usai upacara hari Kesaktian Pancasila, seluruh anggota DPR, DPD langsung menuju gedung DPR/MPR untuk mengikuti upacara pelantikan. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs