Kamis, 25 April 2024

Waspada, Stok Darah PMI Surabaya Menipis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Belum genap sepekan puasa Ramadhan 1435H berlangsung, sudah ini tersiar kabar stok persediaan darah di PMI Surabaya mulai berkurang. Hari ini, Rabu (2/7/2014) stok menipis dibandingkan dengan stok persediaan darah pada hari-hari biasa.

Kalau pada hari biasa perolehan darah atau stok darah di PMI Surabaya, dikisaran 300 bags hingga 350 bags, saat ini jumlahnya menurun. “Penurunan jumlah pendonor memang terjadi saat Ramadhan,” kata Agung Tri Jutanto humas PMI Surabaya.

Menurut Agung, penurunan atau berkurangnya stok persediaan darah di PMI Surabaya saat Ramadhan bisa sampai 40% hingga 50% dari total seluruh perolehan dan persediaan darah yang ada pada hari-hari biasa.

“Kali ini memang ada penurunan. Stok perolehan kami dikisaran 200 bags saja. Tapi kami justru berharap penurunan terjadi tidak terus menerus. Kalau penurunan stok persediaan darah terjadi terus menerus selama Ramadhan ini, maka harus diwaspadai,” tegas Agung saat ditemui suarasurabaya.net.

Apa yang terjadi jika stok persediaan darah di PMI Surabaya terus drop? Agung menegaskan bahwa sebelum terus menurun stok persediaan darah, maka beberapa upaya harus segera dilakukan agar stok persediaan darah aman.

“Yang pasti kalau stok persediaan darah kami menurun, kemudian mengarah drop, menurun drastis, maka pasokan darah kepada instansi atau masyarakat yang membutuhkan menjadi terkendala. Ini tidak boleh terjadi,” tegas Agung Tri Jutanto lagi.(tok/rst)

Teks foto:
-Stok darah di PMI Surabaya menipis saat Ramadhan.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs