Rabu, 6 Juli 2022

23 Negara Keluarkan Travel Advisory ke Thailand

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Dampak bom di Kuil Erawan, Bangkok. Foto: Reuters

Sebanyak 23 negara mengeluarkan saran untuk berhati-hati atau bahkan tidak mengunjungi (travel advisory) Thailand menyusul bom yang diledakkan di Kuil Hindu Erawan, Bangkok, dan sehari kemudian disusul bom di sebuah dermaga di kota ini.

Menurut Bangkok Post yang dilansir Antara, kebanyakan negara hanya menyarankan untuk berhat-hati selama di Thailand dan bukan menghindari berkunjung ke negeri ini.

Kementerian Luar Negeri Thailand menyatakan 12 negara mengeluaran travel advisory “Tingkat 2” yang meminta warga negaranya untuk ekstra hati-hati.

Keduabelas negara itu adalah Austria, Belgia, Denmark, Prancis, Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Swedia, Swiss, Taiwan dan Amerika Serikat.

Sembilan negara mengeluarkan peringatan lebih tinggi “Tingkat 3”. Kesembilannya adalah Australia, Kanada, Tiongkok, Jerman, Italia, Irlandia, Selandia Baru, Rusia dan Inggris.

Hanya Hong Kong yang mengeluarkan larangan berkunjung ke Thailand atau peringatan “Tingkat 4”, sedangkan Belanda hanya mengeluarkan peringatan “Tingkat 1”.

Sementara, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengeluarkan travel advice (imbauan perjalanan) bagi warga negara Indonesia untuk berhati-hati melakukan perjalanan atau bepergian ke Thailand.

“Kita sudah keluarkan travel advice, itu imbauan (bagi WNI yang bepergian ke Thailand) untuk berhati-hati,” kata Retno L.P. Marsudi Menteri Luar Negeri.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
24o
Kurs