Rabu, 8 Mei 2024

Buktikan Bebas Narkoba, 500 Anggota PMII Jalani Tes Urine

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Aminuddin Maruf Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII (tengah) saat menunjukkan hasil tes urine. Foto: Wakhid suarsurabaya.net

Sebanyak 500 anggota dan pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan tes urine di halaman kantor PWNU Jatim, Surabaya, Kamis (16/4/2015).

Test urine yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya ini, merupakan satu diantara rangkaian acara peringatan Hari Lahir (Harlah) PMII ke 55, yang dilaksanakan di Surabaya, 15-17 April 2015.

Aminuddin Maruf Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII mengatakan, tes urine ini untuk membuktikan bahwa anggota PMII terbebas dari penggunaan narkoba, terutama pengurus besar PMII bersih dari narkoba. Selain itu, kami juga ingin terlibat dalam program pemerintah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam pemberantasan narkoba.

“Kami ingin menunjukkan bahwa anggota dan pengurus PMII bebas dari narkoba. Dan juga kami ingin mengambil bagian untuk ikut serta dalam pemberantasan narkoba,” kata Aminuddin Maruf kepada wartawan, Kamis (16/4/2015).

Dia menambahkan, jika hasil tes urine yang dilakukan oleh BNN, ada anggota maupun pengurus yang positif menggunakan narkoba, semuanya akan diserahkan kepada BNN untuk melakukan tindakan rehabilitasi. “Jika nanti ada yang positif menggunakan narkoba, apalagi dia masuk dalam kepengurussan PMII, maka akan segera kami ganti posisinya,” ujarnya.

Aminuddin Maruf juga mengatakan, selain melakukan tes urine, PMII juga melakukan donor darah, serta memberikan santunan kepada fakir miskin dan anak yatim.

Sementara itu, AKBP Suparti Kepala BNNK Surabaya mengatakan, pihaknya cukup lega karena semakin banyak kalangan masyarakat dan organisasi yang peka terhadap bahaya narkoba. Terbukti dari berbagai lapisan masyarakat, mahasiswa, maupun organisasi melakukan tes urin untuk memastikan mereka bebas dari narkoba.

“Kegiatan ini sangat baik sekali, secara tidak langsung mendukung program dari BNN yaitu rehabilitasi 100 ribu pencadu narkoba,” kata AKBP Suparti.

Pihak BNNK Surabaya, kata dia, juga telah berkoordinasi dengan PMII, jika ditemukan positif menggunakan narkoba, maka akan dilakukan rehabilitasi. “Rehab itu kan tujuannya untuk memulihkan dari ketergantungan, bukan untuk menghukum. Sehingga tidak perlu ada yang ditakutkan jika harus melakukan rehabilitasi,” ujarnya. (wak/dop)

Teks Foto:
– Petugas BNNK Surabaya saat melakukan pemeriksaan urine.
Foto: Wakhid suarsurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs