Kamis, 18 April 2024

Inilah Isi Surat Pengunduran Diri Setya Novanto

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Surat pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI

Beberapa menit sebelum Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menuntaskan pandangan para anggotanya menyangkut kasus rekaman Setya Novanto Ketua DPR dengan pengusaha Riza Chalid dan Maroef Sjamsoeddin Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Setya Novanto menyatakan mundur dari jabatannya dengan mengirimkan surat pengunduran diri kepada MKD, Rabu (16/12/2015) malam.

Surat pengunduran itu kemudian dibacakan oleh Sufmi Dasco Wakil Ketua MKD DPR pada sidang etik Novanto beberapa saat sebelum MKD menyelesaikan sidang etik untuk kasus Novanto.

Berikut isi surat pengunduran diri bertempat dan tertanggal; Jakarta 16 Desember 2016 dari Setya Novanto itu.

“Kepada Yth Pimpinan MKD DPR RI di Jakarta

Pernyataan Mengundurkan Diri Sebagai Ketua DPR RI

Sehubungan dengan perkembangan penanganan dugaan pelanggaran etika yang sedang berlangsung di Mahkamah Kehormatan Dewan maka untuk menjaga harkat dan martabat serta kehormatan lembaga DPR RI serta demi menciptakan ketenangan masyarakat maka dengan ini saya menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI periode masa bakti 2014-2019.

Demikian pernyataan pengunduran diri ini saya buat dengan tulus semoga bermanfaat demi kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.”

Surat Novanto ini ditandatangani di atas materai dengan keterangan nama Drs Setya Novanto dan nomor anggota DPR Setya, A-300.

Segera setelah surat pengunduran diri ini, MKD menyatakan sidang etik Novanto ditutup. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs