Rabu, 29 Mei 2024

Jelang Lebaran, Dishub Surabaya Sikat Copet dan Calo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penertiban dilakukan jelang lebaran. Foto: dok.suarasurabaya.net

Menjelang pelaksanaan angkutan mudik Lebaran 2015, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, melakukan penertiban disejumlah lokasi terminal. Diantaranya membersihkan pelaku percaloan dan copet.

“Sejatinya setiap waktu kami melakukan penertiban bagi pelaku percaloan maupun copet dilingkungan terminal. Sekarang ini bertepatan dengan bakal dioperasionalkannya angkutan Lebaran, maka kembali kami tegaskan penertiban calo dan copet,” ujar Irvan Wahyudrajad Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya pada suarasurabaya.net, Senin (6/7/2015).

Menggandeng sejumlah instansi keamanan, lanjut Irvan, pelaksanaan penertiban sudah dilakukan sejak H-15 sampai dengan H+9, dengan harapan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan mudik nanti.

“Kami bersama Kepolisian, Gartap dan Pomal bersama-sama melakukan penertiban, sekaligus juga pengamanan lingkungan terminal menjelang mudik Lebaran tahun ini,” ujar Irvan.

Beberapa waktu sebelumnya, penertiban calo dan copet dilakukan diterminal Purabaya dan terminal Joyoboyo. Pelaku percaloan biasanya memanfaatkan mereka yang dari luar negeri atau luar pulau saat membutuhkan angkutan menuju kampung halaman.

“Biasanya calo-calo itu memanfaatan kelengahan warga masyarakat yang dari luar pulau atau bahkan dari luar negeri saat mereka butuh kendaraan untuk kedesa tujuan masing-masing. Pada saat itulah mereka memasang tarif tidak wajar,” tambah Irvan.

Oleh karena itu, justru jauh hari menjelang Lebaran, Dishub Surabaya menggandeng sejumlah instansi untuk menjamin rasa aman serta memberikan layanan maksimal kepada masyarakat.(tok/wak)

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs