Jumat, 26 April 2024

KPK Pertimbangkan Ajukan PK ke Mahkamah Agung

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Chatarina M Girsang Kepala Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi. Foto : skalanews.com

Chatarina M Girsang Kepala Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi mengatakan akan mempertimbangkan mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung terhadap putusan hakim yang mengabulkan gugatan praperadilan Budi Gunawan.

“(Itu) sebagai salah satu pertimbangan,” kata Chatarina menjawab pertanyaan wartawan mengenai pengajuan PK usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/2/2015) seperti dilansir Antara.

Namun Chatarina mengatakan akan melaporkan terlebih dahulu hasil putusan sidang praperadilan pada pimpinan KPK.” Beberapa langkah kami siapkan dan tentunya kami akan melaporkan ke pimpinan pada hari ini setelah sidang,” kata dia.

Chatarina juga mengatakan KPK sudah menyiapkan beberapa langkah usai putusan.

“Kita kan ada beberapa langkah yang kita lakukan, itu akan kita koordinasikan ya, kedua bahwa langkah ini akan kami sampaikan setelah kami laporkan ke pimpinan, kami akan laporkan langsung ke pimpinan,” kata dia.

KPK sendiri, kata Chatarina, sebelumnya sudah mempersiapkan putusan apapun yang akan diputuskan oleh hakim.” Intinya KPK tentu sudah mempersiapkan putusan apapun dengan hal-hal apapun,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, hakim tunggal Sarpin Rizaldi memutuskan untuk mengabulkan permohonan gugatan praperadilan Budi Gunawan dan menyatakan penetapan tersangka Budi oleh KPK tidak sah.

Hakim juga menyatakan Surat Perintah Penyidikan Budi Gunawan nomor 03/01/01/2015 tidak sah.

Hakim Sarpin menyatakan bahwa tindakan penyidikan lebih lanjut yang dilakukan oleh KPK ditetapkan tidak sah berdasar tidak sahnya penetapan tersangka dan surat perintah penyidikan. (ant/dwi/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs