Senin, 29 April 2024

Kementerian PU Siapkan Grand Design Jembatan Grobogan

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Rencana penutupan sementara Jembatan Grobogan Lama yang semula dilakukan untuk perbaikan karena kontruksinya melemah, ternyata terjadi perubahan.

Pasalnya, penutupan jembatan yang menghubungkan Lumajang dengan Probolinggo tersebut tidak dilakukan hanya untuk sementara waktu namun diberlakukan untuk seterusnya.

Drs Slamet Supriyono, Msi Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemkab Lumajang kepada Sentral FM, Jumat (6/2/2015) mengatakan, jembatan Grobogan lama yang merupakan jembatan tua dan telah dibangun sejak masa kolonial Belanda itu akan dimuseumkan.

“Jembatan sepanjang 98 meter dengan lebar 8 meter yang telah dibangun sejak 1890 sehingga telah berusia 120 tahun ini, sesuai hasil perencanaan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan diganti dengan jembatan baru. Saat ini, Kementerian PU telah membuat grand design jembatan pengganti yang akan dibangun di sisi kanan jembatan yang ada sekarang,” katanya.

Perencanaan dengan pembuatan grand design jembatan baru, lanjut dia, akan diselesaikan tahun 2015 ini juga.” Sedangkan untuk pembangunan jembatannya kami belum tahu persis direncanakan akan dilaksanakan kapan. Yang jelas, grand design itu menandakan bahwa persiapan pembangunan jembatan baru untuk mengantikan jembatan lama yang konstruksinya melemah dalam proses,” paparnya.

Sementara itu, untuk jembatan Grobogan lama, Kementerian PU tidak akan menggunakannya lagi untuk akses transportasi ketika jembatan baru telah dibangun. Kendati demikian, jembatan lama sementara ini akan tetap dipergunakan karena rencana pembangunan jembatan baru yang masih membutuhkan waktu cukup lama.

“Karena konstruksinya melemah, maka jembatan Grobogan lama akan tetap dilakukan perbaikan untuk penguatan konstruksinya. Selanjutnya, jembatan ini akan ditutup untuk kendaraan angkutan bertonase berat dan hanya boleh dilintasi kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua maupun kendaraan kecil lainnya saja,” pungkas dia. (her/dop/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs